Bank Ramai Beralih ke Digital, BCA Ramal Dua Pekerjaan Hilang

Image title
15 Juni 2020, 17:40
Bank Ramai Beralih ke Digital, BCA Ramal Dua Pekerjaan Hilang
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi BCA

Perbankan semakin serius merambah layanan berbasis digital di tengah pandemi corona. Sejalan dengan hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memperkirakan dua jenis pekerjaan yakni customer service dan teller hilang dalam beberapa tahun ke depan.

Fungsi dari kedua jenis pekerjaan itu nantinya bisa dilakukan oleh divisi lain. Salah satunya yakni tim advisory yang memberikan konsultasi kepada nasabah.

Kedua jenis pekerjaan itu berpotensi hilang, karena perbankan mengurangi penambahan kantor cabang saat ini. Sedangkan kantor cabang yang sudah ada akan beralih fungsi.

“Kalau mau setor atau tarik tunai, kapasitasnya besar sekalipun, kami siapkan alatnya. Jumlah orang dicabang akan sedikit,” kata Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman saat mengikuti webinar yang diselenggaralan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPII), Senin (15/6).

(Baca: Menaker: 56 % Pekerjaan Berpotensi Hilang Akibat Disrupsi Teknologi)

Sedangkan tim advisory nantinya melayani dan menjelaskan secara detail terkait produk kepada nasabah. Pegawai di divisi ini juga dapat berperan sebagai fund management di di kantor cabang.

Itu artinya, advisory akan memberikan konsultasi kepada nasabah bagaimana mengelola asetnya dengan baik. “Misalnya, ada orang kaya punya uang banyak datang ke cabang. Dia diskusi mau simpan di mana uangnya untuk investasi. Apakah reksa dana atau obligasi. Ini kira-kira yang di perlukan pada masa depan,” katanya.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...