Ahli Epidemiologi Usul Pemerintah Tak Buka Sekolah di Zona Hijau

Dimas Jarot Bayu
16 Juni 2020, 13:40
Ilustrasi, persiapan ruangan kelas di era normal baru. Epidemiolog Dicky Budiman meminta pemerintah mempertimbangkan ulang rencana pembukaan sekolah di zona hijau sebab risiko penularan Covid-19 masih besar.
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Ilustrasi, persiapan ruangan kelas di era normal baru. Epidemiolog Dicky Budiman meminta pemerintah mempertimbangkan ulang rencana pembukaan sekolah di zona hijau sebab risiko penularan Covid-19 masih besar.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman tak sepakat dengan rencana pemerintah membuka kembali sekolah di zona hijau secara bertahap. Menurut dia, pemerintah harus menunda rencana tersebut hingga akhir tahun 2020.

Alasannya, saat ini laju penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia belum mencapai puncaknya. Selain itu, pengendalian pandemi corona juga ia nilai belum optimal.

Advertisement

Tak hanya itu, ia juga berpendapat sistem zonasi yang menjadi tolok ukur pembukaan sekolah belum bisa diandalkan. Sebab, pengujian sampel corona masih rendah hingga saat ini. Kemudian,  waktu pelaporan dari pengujian spesimen corona di dalam negeri pun masih lambat.

"Banyak daerah yang tertunda hasil sampelnya karena keterbatasan kapasitas laboratorium, bahkan bisa ribuan," kata Dicky, dalam keterangannya yang disampaikan kepada Katadata.co.id, Selasa (16/6).

Selain itu, ia menilai kriteria membuka sekolah tidak sederhana. Sebab, pembukaan sekolah akan menyangkut dua kelompok yang memiliki risiko dan karakteristik masing-masing, yakni siswa dan guru.

Siswa yang merupakan anak-anak tidak hanya berpotensi terinfeksi corona di paru-paru. Berdasarkan studi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mereka juga bisa terserang sindrom inflamasi multisistem atau multisystem inflammatory syndrome.

Lebih lanjut, studi terbaru menunjukkan bahwa anak-anak bisa terserang corona di bagian ginjal. Artinya, para siswa bukan termasuk dalam kelompok yang tidak berisiko.

(Baca: Tahun Ajaran Baru dan Protokol Kesehatan Sekolah di Zona Hijau )

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement