Pegiat IT Ramai Kembangkan Aplikasi Kesehatan Mental Sambut New Normal

Cindy Mutia Annur
16 Juni 2020, 16:55
Pegiat IT Ramai Kembangkan Aplikasi Kesehatan Mental Sambut New Normal
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, pengunjung melihat alat teknologi robot pada Pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2019 di Jakarta Convention Center, Kamis (3/10/2019).

Pegiat teknologi informasi (IT) yang tergabung dalam Facebook Developer Circles, mulai mengembangkan perangkat lunak (software) yang mendukung masyarakat beraktivitas saat fase normal baru (new normal). Salah satu yang ingin dikembangkan yakni aplikasi kesehatan mental.

Facebook Developer Circle Lead Bali Reza Primasatya mengatakan, komunitas di wilayahnya berencana mengembangkan aplikasi mental health. Perangkat lunak ini dinilai sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi corona.

Advertisement

“Bagaimana kami bisa membuat aplikasi yang membantu pemulihan mental masyarakat dari situasi pandemi dan menghadapi normal baru. Pasti banyak yang membutuhkannya," ujar Reza saat mengikuti konferensi pers Facebook secara virtual, Selasa (16/6).

(Baca: Facebook Sediakan LInov, Ruang Berkumpul Bagi Pegiat Teknologi)

Sedangkan Facebook Developer Circle Lead Pontianak Muhammad Iqbal mengatakan, komunitasnya berencana membuat aplikasi terkait pusat informasi data Covid-19. Ini untuk menunjukan peta penyebaran virus corona di berbagai wilayah di Kalimantan Barat.

"Komunitas kami masih mengembangkan informasi terkait itu. Kami harap aplikasi ini bisa memberikan informasi ke masyarakat tentang data penderita corona di sekitar mereka," ujar Iqbal.

Kemudian Facebook Developer Circle Lead Makassar Muhammad Aryandi mengatakan, komunitasnya memiliki beberapa program. Salah satunya Developer Circle Female Training, yang bertujuan melatih calon pengembang software perempuan.

Facebook mengembangkan Developer Circle sejak akhir 2016. Saat ini, program komunitas itu memiliki lebih dari 320 ribu anggota dengan 200 lebih circles.

(Baca: Kemenkominfo Gelar Program Beasiswa Digital Bagi 15.200 Peserta)

Di Indonesia, Developer Circles tersebar di 10 kota. Di antaranya Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement