Tak ‘Sanksi’ Unggahan Trump soal Floyd, Instagram Janji Ubah Kebijakan

Desy Setyowati
16 Juni 2020, 20:01
Tak ‘Sanksi’ Unggahan Trump soal Floyd, Instagram Janji Ubah Kebijakan
alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi, ikon aplikasi Instagram pada layar iPhone Apple

CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat dikritik pegawai hingga ilmuwan, karena tak memberikan ‘sanksi’ atas unggahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump perihal kerusuhan atas kematian George Floyd. Kini, Instagram berjanji akan mengubah kebijakan, dan mendukung komunitas warga kulit hitam.

Instagram berada di bawah naungan Facebook. Selain di Twitter, Trump mengunggah konten yang berbunyi, ‘ketika penjarahan dimulai, penembakan dimulai’ di Instagram.

CEO Instagram Adam Mosseri menyadari, ada banyak keluhan karena perusahaan tak memberikan ‘sanksi’ atas unggahan Trump tersebut. “Kami mendengar kekhawatiran tentang apakah kami menekan suara Black (warga kulit hitam), apakah produk dan kebijakan kami memperlakukan semua orang dengan setara,” katanya dikutip dari blog resmi Instagram, Selasa (16/6).

(Baca: Mark Zuckerberg Tak ‘Sanksi’ Trump, 600 Pegawai Facebook Mogok Kerja)

Oleh karena itu, perusahaan mengambil langkah-langkah untuk mendukung komunitas warga kulit hitam. Instagram akan meninjau bagaimana sistem merekomendasikan konten, menangani unggahan pelecehan, dan verifikasi.

"Saat ini, orang-orang di seluruh dunia menuntut tindakan atas kata-kata, dan kami berutang hal yang sama kepada komunitas,” kata Mosseri.

Hanya, Mosseri tidak menjabarkan secara spesifik tentang langkah apa yang akan dilakukan. Ia hanya menjelaskan, ada beberapa bidang utama yang akan ditinjau.

Bidang utama yang dimaksud yakni terkait pelecehan, verifikasi, distribusi, dan bias algoritmik. Perusahaan akan mengkaji kriteria yang digunakan untuk memverifikasi pengguna Instagram.

(Baca: Bos Facebook ‘Jijik’ Atas Unggahan Trump, tapi PHK Pegawai yang Kritik)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...