Bank Mandiri Ramal Dua Sektor Usaha Bertahan Selama Pandemi

Image title
17 Juni 2020, 20:42
Mandiri Ramal Sektor Kebutuhan Dasar & Makanan Bertahan Selama Pandemi.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas memeriksa stok minyak goreng dan bahan pokok di Jakgrosir, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020). Bank Mandiri meramal sektpr kebutuhan dasar akan bertahan di tengah pandemi.

Pandemi corona membuat konsumsi makanan minuman masyarakat meningkat drastis karena merupakan salah satu kebutuhan prioritas. Alhasil, sektor  ini diperkirakan relatif tahan banting (resilient) dibandingkan sektor usaha yang lain.

Ekonom Senior PT Bank Mandiri (BMRI) Dendi Ramdani mengatakan, porsi konsumsi rumah tangga untuk makanan dan minuman terhadap total pengeluaran terus meningkat setiap tahun.

Rinciannya, porsi konsumsi rumah tangga berdasarkan kelompok pengeluaran untuk makanan dan minuman, selain restoran, menyumbang 40,81% hingga kuartal I 2020. Angka ini meningkat dibanding kuartal I 2019 sebesar 39,22%.

(Baca: Semua Sektor Terpukul, Mandiri Ramal Ekonomi Kuartal II Minus 3,4 %)

Selain itu, konsumsi rumah tangga terhadap perumahan dan perlengkapan rumah tangga juga meningkat pada kuartal I 2020 menjadi 12,94%, dibanding kuartal I 2019 yang masih sebesar 12,87%.

Sedangkan konsumsi pakaian, alas kaki dan jasa perawatannya pada kuartal I 2020 melambat menjadi 3,42% dibanding kuartal I 2019 yang tercatat 3,59%. Berikutnya, konsumsi untuk restoran dan hotel juga melambat di kuartal I 2020 menjadi 9,95 % dibanding periode yang sama 2019 sebesar 9,98%.

Memasuki era normal baru pandemi corona, menyebabkan perilaku konsumen ke depan diramal kembali ke kebutuhan dasar (physiological needs)  seperti, makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Kemudian safety needs seperti kesehatan, asuransi dan keamanan.

“Sektor durable goods seperti restoran dan hotel maupun pakaian, alas kaki dan jasa perawatannya akan sangat terpukul di era new normal. Sebab, masyarakat bakal mengutamakan kebutuhan dasar,”  kata Dendi dalam konferensi pers virtual, Rabu (17/6).

Selanjutnya, kata Dendi, data-data yang dimilikinya juga menunjukan bagaimana konsumsi masyarakat juga menurun pada sektor-sektor yang dianggap bukan kebutuhan dasar. Kondisi ini tercermin dari berbagai kinerja sektoral perusahaan pada April 2020, yang hampir semuanya terkontraksi.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...