Carrefour Gandeng Google Rilis Layanan Belanja Berbasis Suara

Cindy Mutia Annur
17 Juni 2020, 09:28
Ilustrasi, Google Assistant. Carrefour menggandeng Google merilis layanan belanja bahan makanan berbasis suara melalui Google Assistant untuk meningkatkan penjualan melalui e-commerce.
123RF.com/dennizn
Ilustrasi, Google Assistant. Carrefour menggandeng Google merilis layanan belanja bahan makanan berbasis suara melalui Google Assistant untuk meningkatkan penjualan melalui e-commerce.

Raksasa ritel asal Perancis, Carrefour, menggaet Google untuk meluncurkan layanan berbelanja bahan makanan atau grocery berbasis suara. Selain untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, layanan ini juga bertujuan untuk mempercepat ekspansi perusahaan ke segmen e-commerce makanan.

Mengutip Reuters, Selasa (16/6), layanan belanja ini bakal bekerja melalui bantuan Google Assistant. Teknologi ini telah dikembangkan sejak Juni 2018 silam, sebagai bagian dari kemitraan strategis dua perusahaan ini.

"Inovasi yang dikembangkan dengan Google ini akan semakin mempercepat ekspansi e-commerce Carrefour," ujar Direktur Eksekutif Carrefour untuk E-Commerce, Data dan Transformasi Digital Amelie Oudea-Castera, dikutip dari Reuters.

Sebagai informasi, Carrefour berada di tengah-tengah perbaikan global untuk meningkatkan penjualan dan laba. Perusahaan berencana untuk berinvestasi sebesar 2,8 miliar euro atau sekitar Rp 44 triliun dalam perdagangan digital pada akhir tahun ini dalam menghadapi persaingan dengan Amazon.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan e-commerce makanan perusahaan menjadi 4,2 miliar euro pada 2022 dari 1,3 miliar euro pada 2019 dan 1 miliar euro pada 2018.

Adapun, layanan belanja berbasis suara itu akan memungkinkan pengguna yang mengintegrasikan akun Google dengan akun Carrefour untuk menambahkan item ke daftar belanja dengan mengucapkan kata-kata umum, seperti mentega atau susu, atau nama produk atau merek.

Google Assistant, yang terhubung ke inventaris e-niaga Carrefour, kemudian mengonversi daftar itu ke dalam keranjang (cart) belanja yang tersedia di situs web Carrefour.fr.

(Baca: Google Segera Luncurkan Pusat Data di Indonesia pada 24 Juni)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...