Pemerintah Resmikan Empat Stasiun Terpadu di Jakarta

Image title
17 Juni 2020, 15:52
kereta, mrt, transportasi jakarta, transjakarta, perhubungan, erick thohir, anies baswedan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Sejumlah pengemudi angkutan bajaj dan Angkot mengantre menunggu penumpang di lokasi baru yang telah disediakan di kawasan Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Jumat (12/6/2020). Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat telah selesai menata Tanah Abang, Juanda, Pasar Senen, dan Sudirman untuk menjadi kawasan 'transit oriented development' (TOD).

Pemerintah akhirnya meresmikan Stasiun Terpadu di Jakarta pada hari ini, Rabu (17/6). Peresmian tersebut berlangsung setelah lima bulan penandatanganan kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT MRT Jakarta (Perseroda) mengenai usaha patungan untuk mengelola stasiun terpadu di ibu kota.

Peresmian dipusatkan di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman, Jakarta. Selain itu, moda transportasi umum yang menjadi stasiun terpadu yaitu Stasiun Juanda dan Stasiun Pasar Senin.

“Peresmian Stasiun Terpadu ini menunjukkan telah terbangunnya ekosistem yang sehat antara BUMN, BUMD, dan pihak swasta dalam memberikan layanan transportasi terintegrasi bagi masyarakat," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara peresmian di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/6).

Selain membenahi empat stasiun pelopor tersebut agar konektivitas transportasi berjalan lancar, pemerintah juga menata lokasi tunggu penumpang. Caranya dengan menyediakan lahan untuk pengendapan dan naik-turun ojek online, ojek pangkalan, bajaj, bus kecil seperti Jak Lingko dan regular, lokasi halte bus Transjakarta, mikrotrans, dan lainnya.

(Baca: Anies Sebut Jam Operasional Kendaraan Umum di Jakarta Kembali Normal)

(Baca: Kereta Reguler Beroperasi 12 Juni, Kapasitas Penumpang Dibatasi 70% )

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...