Emil Salim Sebut Wabah Covid-19 "Wake-Up Call" Gangguan Ekosistem

Image title
Oleh Ekarina
18 Juni 2020, 17:25
Emil Salim Sebut Wabah Covid-19 "Wake-Up Call" Gangguan Ekosistem.
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj.
Mahasiswa dan anggota komunitas menanam pohon di bekas lahan terbakar. Ekonom Senior mengungkapkan pandemi corona bisa dianggap sebagai alarm akan gangguan ekoistem.

Pandemi virus corona di Indonesia terus mencatat penambahan kasus baru hingga saat ini. Ekonom Senior yang juga Mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Kependudukan ini menilai, munculnya wabah itu tersebut sebagai alarm atau wake up call terganggunya ekosistem.

"Tidak disadari Covid-19 sebagai wake up call kontak alam-manusia, adanya gangguan sub ekosistem yang memicu wabah ini hingga sulit dikendalikan dan belum ada obatnya," kata dia dalam webinar Pembangunan Berkelanjutan: Menuju Indonesia Tinggal Landas 2045, Kamis (18/6).

Advertisement

(Baca: Emil Salim Risaukan Pembangunan Ekonomi yang Abaikan Lingkungan)

Dia pun menyayangkan pola pikir pemerintah ataupun dewan perwakilan rakyat (DPR) yang menganggap wabah ini seolah-olah akan selesai ketika masuk fase dalam fase normal baru (new normal). 

Padahal, Covid sudah jelas berdampak menganggu ekonomi. Demikian pula halnya dengan perubahan iklim yang akan menganggu perekonomian, meski dalam jangka panjang.

Oleh karena itu menghadapi situasi saat ini seharusnya bisa diantisipas sejak jauh hari. Diperlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi.

"Harus ditemukan cara-cara baru dan ada yang mengingatkan apa kekurangan cara kita membangun dan perlu diperbaiki," katanya. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement