Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB

Image title
18 Juni 2020, 08:39
Ilustrasi, sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indonesia berhasil terpilih menjadi anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, mulai bertugas 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2023.
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz
Ilustrasi, sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indonesia berhasil terpilih menjadi anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, mulai bertugas 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2023.

Indonesia berhasil terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial atau Economic and Social Council (ECOSOC) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) periode 2021-2023 dari kelompok Asia-Pasifik dalam pemilihan yang berlangsung tertutup di Markas Pusat PBB di New York pada 17 Juni 2020 pagi waktu setempat.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kamis (18/6), pemilihan dilakukan tanpa sidang plenary, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari masing-masing Perutusan Tetap di New York hadir untuk memberikan suara.

Kemenlu menjelaskan, terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB memberi arti penting, yakni pemanfaatan platform yang disusun oleh dewan untuk mendorong upaya pemulihan ekonomi dan sosial pasca-pandemi virus corona atau Covid-19.

"Ini juga sebagai refleksi kepemimpinan global Indonesia dalam mendorong akselarasi sustainable development goals (SDGs), dan pemajuan program prioritas nasional yang sejalan dengan SDGs sekaligus berkontribusi dalam transformasi ekonomi," tulis Kemenlu, dalam keterangan resmi.

Dalam pemilihan tersebut, Indonesia mendapatkan 186 dari total 190 suara, sementara kandidat terkuat lainnya, Jepang memperoleh 185 suara. Selain Jepang dan Indonesia, negara lain yang menduduki kursi dalam Dewan Ekonomi dan Sosial PBB dari kelompok Asia-Pasifik adalah Kepulauan Solomon, yang mendapatkan 187 suara.

Sementara, dari kelompok Amerika Latin-Karibia negara-negara yang terpilih adalah, Guatemala, Bolivia, Argentina, dan Meksiko. Kemudian dari kelompok Afrika, negara-negara yang masuk antara lain, Libya, Liberia, Nigeria, Madagaskar dan Zimbabwe.

Lalu dari kelompok Eropa Barat, Austria, Jerman, Portugal, Inggris, dan Prancis terpilih dalam Dewan Ekonomi dan Sosial PBB. Adapun, dari kelompok Eropa Timur, negara yang terpilih adalah Bulgaria.

Negara yang terpilih mulai aktif bertugas pada 1 Januari 2021, dengan akhir keanggotaan pada 31 Desember 2023.

(Baca: 116 Negara Termasuk Indonesia Dukung Penyelidikan Asal Usul Covid-19 )

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...