#IndonesiaDaruratHumor Viral karena Bintang Emon dan Kutipan Gus Dur

Desy Setyowati
18 Juni 2020, 15:51
#IndonesiaDaruratHumor Viral karena Bintang Emon & Kutipan Gus Dur
YouTube
Ilustrasi Twitter

Komika Bintang Emon menjadi perbincangan di media sosial karena difitnah menggunakan narkoba. Kini, warga Maluku dikabarkan dipanggil polisi usai mengunggah konten yang memuat kutipan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Tagar #IndonesiaDaruratHumor pun viral di Twitter, karena kedua kasus ini.

Tagar #IndonesiaDaruratHumor diunggah hampir 10 ribu kali hingga siang, hari ini. Utamanya, tagar ini viral setelah putri Gus Dur, Allisa Wahid merespons kabar warga Maluku bernama Ismail Ahmad yang diperiksa polisi karena mengunggah guyonan lama ayahnya.

Guyonan yang dimaksud berbunyi ‘hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan Jenderal Hoegeng’. “Gurauan ini yang dipersoalkan pak polisi?” kata Allisa melalui akun Twitter-nya @AllisaWahid, kemarin malam (17/6).

(Baca: Ahli IT Ungkap Fakta Dibalik Viralnya Bintang Emon dan BuzzeRp)

Ia lantas mengunggah gambar yang memuat pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang sebelumnya menjabat kepala kepolisian RI (Kapolri). Pernyataan yang dimaksud berbunyi, ‘Almarhum (Gus Dur) sempat menyindir Polri, karena di Indonesia hanya ada tiga polisi jujur yakni patung polisi, polisi tidur, dan polisi Hoegeng. Ucapan beliau menjadi cambukan bagi kami agar Polri sebagai institusi yang lebih baik’.

Pak Polisi, ada teladan nih dari pemimpin Anda semua, mantan Kapolri Tito Karnavian, sekarang Menteri Dalam Negeri,” kata Allisa, menyertakan gambar yang memuat pernyataan Tito.

Selain karena kasus itu, warganet menggunakan tagar #IndonesiaDaruratHumor untuk berkomentar terkait Bintang Emon. Sebagaimana diketahui, komika ini sempat diserang beberapa akun dan dituduh menggunakan narkoba.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...