Pertamina: Restrukturisasi Sektor Hulu Tak Ganggu Operasi Blok Migas

Image title
18 Juni 2020, 15:04
pertamina, migas, blok migas, bumn
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi, blok migas. Pertamina menjamin operasional blok migas tak terganggu selama proses restrukturisasi subholding hulu.

Pertamina menyatakan restrukturisasi anak usaha di sektor hulu tak akan mengganggu keberlangsungan kegiatan operasi blok migas. Pasalnya, operasional hulu migas tetap berjalan seperti biasa.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyebut pihaknya tengah merampungkan restrukturisasi sesuai dengan keputusan pemegang saham. Di samping itu, perombakan di sektor hulu yang diubah menjadi per regional tidak akan mengubah kegiatan operasional blok migas

"Terkait dengan regionalisasi, itu hanya manajerial saja, dari sisi koordinasi," ujar Fajriyah kepada Katadata.co.id, Kamis (18/6).

Lebih lanjut, menurut Fajriyah, pembentukan kluster dalam dunia bisnis merupakan hal yang wajar. Terlebih lagi, anak usaha bisa menggunakan fasilitas bersama sehingga bisa menghemat biaya operasional.

"Hal ini akan dikomunikasikan lebih lanjut dengan regulator terkait," kata dia.

(Baca: Pertamina Tunjuk Jajaran Direksi Subholding Hulu Migas)

(Baca: Dorong Efisiensi, Pertamina Restrukturisasi Pengelolaan Blok Migas)

Di sisi lain, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas atau SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya masih menunggu penjelasan Pertamina terkait restrukturisasi anak usaha di sektor hulu migas. Dia juga berharap proses restrukturisasi tersebut tidak mengganggu operasional blok migas.

"Kami akan minta Pertamina untuk memberi penjelasan," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan tujuan merestrukturisasi pengelolaan blok migas jadi per wilayah untuk memangkas hambatan pengeboran. Pasalnya, tantangan yang sering dihadapi anak usaha perusahaan yakni pengadaan alat rig pengeboran sumur. Proses pengadaan alat pengeboran selama ini lebih rumit karena dilaksanakan secara terpisah oleh anak usaha, bukan per regional.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...