Uji Klinis Vaksin Corona Kalbe Farma Siap Dimulai Bulan Ini

Dimas Jarot Bayu
18 Juni 2020, 16:01
Uji Klinis Vaksin Corona Kalbe Farma Bakal Dimulai Bulan Ini.
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Menteri Riset dan Teknologi yang juga Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius (kanan) meninjau fasilitas lab dan R & D anak perusahaan.

Kerja sama riset pengembangan vaksin virus corona antara PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) dan perusahaan asal Korea Selatan, Genexine Inc akan memasuki tahap uji klinis.  Adapun, proses uji klinis fase pertama rencananya dimulai pada Juni 2020 di Korea Selatan.

Sedangkan uji klinis vaksin virus corona fase kedua rencananya digelar di Indonesia pada Agustus 2020. “ Pada uji klinis fase kedua di Indonesia sekaligus akan membuktikan apakah vaksin berkhasiat terhadap strain transmisi lokal,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui konferensi video, Kamis (17/6).

Advertisement

Wiku mengatakan, kerja sama riset antara Kalbe Farma dan Genexine tak hanya terkait pengembangan vaksin. Kerja sama  juga bertujuan memahami sifat dari virus corona yang menjadi pandemi di dunia.

(Baca: Kembangkan Vaksin Corona dengan Genexine, Saham Kalbe Farma Jatuh 1,8%)

Selain itu, riset dilakukan untuk mengidentifikasi varian genome dari strain corona yang ada di Indonesia. “Serta untuk pengembangan obat dan penanganan corona,” kata Wiku.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement