Gelombang Kedua Corona Ancam Permintaan, Harga Minyak Naik Tipis

Image title
22 Juni 2020, 09:35
harga minyak, gelombang kedua virus corona,
KATADATA
Harga minyak naik tipis pada Senin (22/6) pagi seiring ketatnya pasokan dari negara produsen utama. Namun ancaman gelombang kedua virus corona yang berpotensi kembali menekan permintaan energi global.

Harga minyak mentah dunia masih menguat tipis pada perdagangan Senin (22/6) pagi waktu Indonesia di tengah ketatnya pasokan dari produsen utama. Meski begitu, harga masih dibayangi kekhawatiran ancaman gelombang kedua penyebaran virus corona di dunia yang dapat menghambat pemulihan permintaan energi.

Ketatnya suplai minyak dari produsen utama dunia lantaran jumlah rig pengeboran minyak dan gas alam yang beroperasi turun ke rekor terendahnya di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, meskipun sejumlah produsen sudah mulai mengebor lagi seiring dengan harga minyak yang beranjak naik.

Namun ancaman gelombang kedua covid-19 di dunia membuat kenaikan harga minyak menjadi terbatas. "Upaya untuk mencegah gelombang kedua Covid-19 berpotensi memukul kembali perekonomian. Investor menjadi lebih waspada," kata analis pasar CMC Markets, Michael McCarthy, seperti dikutip Reuters.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatatkan rekor lonjakan kasus baru pada Minggu (21/6) yakni mencapai 156.922 kasus. Adapun tambahan tertinggi terjadi di AS dan Brazil, masing-masing bertambah 33.388 kasus dan 31.571 kasus.

(Baca: Imbas Pandemi, Target Produksi Migas Tahun Depan 1,7 Juta Barel)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...