Kasus Baru di AS Terus Naik, Trump Minta Jumlah Tes Corona Diturunkan

Happy Fajrian
22 Juni 2020, 07:39
virus corona, donald trump, amerika serikat, tes virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/pras/cf
Donald Trump menilai pengujian virus corona yang ekstensif di AS sebagai pedang bermata dua karena menyebabkan lonjakan kasus baru.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta agar petugas kesehatan di negeri Paman Sam mengurangi jumlah pengujian virus corona. Menurutnya pengujian yang terlalu cepat membuat jumlah kasus baru Covid-19 di AS semakin tinggi.

Hingga saat ini AS telah menguji virus corona terhadap nyaris 28 juta warganya. Meski demikian, Rusia lebih unggul dalam rasio pengujian yakni 114.171 tes per 1 juta warga, sedangkan AS hanya 85.971 tes per 1 juta warga.

“Jika kita melakukan tes sebanyak itu, kita akan menemukan lebih banyak kasus baru. Jadi saya bilang kepada orang-orang saya, tolong perlambat tesnya,” kata Trump dalam kampanyenya di Tulsa, Oklahoma, di depan pendukungnya yang mayoritas tidak menggunakan masker, pada Sabtu (20/6), seperti dikutip Reuters.

Namun pejabat Gedung Putih menilai apa yang dikatakan Trump merupakan sebuah gurauan. “Sudah pasti dia hanya bercanda. Kami memimpin dalam pengujian (corona) dan telah melakukan lebih dari 25 juta tes,” kata pejabat tersebut.

(Baca: Trump Klaim AS Telah Produksi 2 Juta Dosis Vaksin Corona Siap Edar)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...