Pacitan Gempa 5 Skala Magnitudo, Getaran Terasa hingga Yogyakarta

Happy Fajrian
22 Juni 2020, 09:00
gempa pacitan, gempa bumi pacitan
BMKG
Pusat gempa berada berada di 9,11 Lintang Selatan - 110,85 Bujur Timur dengan kedalaman 63 kilometer, dan pusat gempa berada di laut 107 kilometer barat daya Pacitan.

Gempa bumi bermagnitudo 5,0 terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin dini hari. Demikian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kabar tersebut melalui laman resminya.

Adapun lokasi gempa yang terjadi pada pukul 02.33 WIB itu berada di 9,11 Lintang Selatan - 110,85 Bujur Timur dengan kedalaman 63 kilometer, dan pusat gempa berada di laut 107 kilometer barat daya Pacitan.

Getaran gempa dirasakan sampai Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wonogiri, Tulungagung, dan Karangates dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI). "Semakin dalam dan besar kekuatan sumber gempa maka area yang merasakan semakin luas," kata Supervisor Pusat Gempa Regional VII, Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, Budi Nugroho, Senin (22/6).

(Baca: Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 7,3, Tak Berpotensi Tsunami

Sementara itu, dalam skala II MMI getaran gempa dirasakan sampai Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, dan Purwokerto.

Budi mengungkapkan gempa terasa hingga DIY khususnya Kota Yogyakarta, Bantul, serta Sleman karena kedalaman kekuatan gempa berada pada kategori menengah antara 60 hingga 300 kilometer dan kekuatan pada kategori lebih dari dan sama dengan 5.

Menurut dia, hal itu disebabkan energi besar yang dihasilkan akan mengalami proses pemantulan dan pembiasan gelombang berulang kali. “Sedangkan jika energinya kecil maka proses perambatan gelombang gempa hanya akan terjadi di sekitar pusat gempa," kata dia.

(Baca: Peneliti Ragu Kesiapan Pemerintah Hadapi Bencana Alam di Tengah Corona)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...