Indonesia Kantongi Pinjaman Rp 14 T dari Bank Infrastruktur Asia

Agustiyanti
23 Juni 2020, 15:02
pinjaman, utang, pinjaman AIIB, bank investasi infrastruktur asia, pinjaman bank infrastruktur asia, pandemi corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. AIIB memberikan pinjaman kepada Indonesia melalui program kerja sama dengan ADB sebesar US$ 750 juta dan Bank Dunia sebesar US$ 250 juta.

Bank Investasi Infrastruktur Asia atau Asian Infrastructure Investment Bank menyutujui pinjaman sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 14,2 triliun kepada Indonesia untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 telah memaksa banyak negara berkembang memilih dalam memenuhi kebutuhan mendesak warganya. Dukungan AIIB untuk Indonesia diharapkan berkontribusi pada upaya pemerintah untuk mengatasi tantangan ini, "kata Wakil Presiden AIIB D.J. Pandian dalam keterangan resmi, Selasa (23/6).

Pandian menyebut pihaknya berupaya menyediakan dukungan keuangan yang fleksibel kepada para anggotanya untuk memastikan ekonomi pulih secepat mungkin. AIIB saat ini tidak memiliki instrumen reguler untuk pembiayaan berbasis kebijakan sehingga dukungan dana diberikan melalui kerja sama dengan Bank Dunia dan ADB.

Pinjaman sebesar US$ 750 juta akan tergabung dalam kucuran dana yang akan diberikan Bank Pembangunan Asia atau ADB. Pinjaman ditujukan untuk membantu usaha kecil dan menengah, mendukung rumah tangga miskin dan rentan, serta memperkuat sistem kesehatan di Indonesia.

(Baca: Sri Mulyani Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Jadi 1%)

AIIB juga berkerja sama dengan Bank Dunia dan menyetujui tambahan kucuran dana sebesar 250 juta dolar AS guna memperkuat percepatan penanganan kesehatan oleh Pemerintah Indonesia termasuk kesiapan fasilitas perawatan, kapasitas pengujian, pengawasan, pencegahan, dan koordinasi pemerintah dan komunikasi publik.

"Sebelum goncangan akibat pandemi, Indonesia telah menunjukkan manajemen makro ekonomi yang baik dan komitmen yang kuat pada tujuan pembangunan berkelanjutan. Kami akan terus responsif terhadap kebutuhan negara anggota dan terus melakukan terobosan," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...