Kekayaan Duo Bos Djarum Anjlok Rp 18,5 Triliun Dalam Sepekan

Happy Fajrian
23 Juni 2020, 12:57
hartono bersaudara, michael hartono, robert budi hartono, grup djarum, orang terkaya indonesia
katadata
Harta pemilik Grup Djarum, Robert Budi Hartono dan Michael Hartono amblas hingga Rp2,7 triliun dalam sepekan. Namun keduanya tetap orang terkaya di Indonesia.

Total kekayaan Hartono bersaudara, Robert Budi dan Michael Hartono, anjlok hingga US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 18,5 triliun dalam sepekan. Rinciannya, kekayaan Robert Budi merosot sekitar U$ 700 juta sedangkan Michael Hartono anjlok US$ 600 juta, menurut Bloomberg Billionaire’s Index.

Adapun dalam sehari terakhir harta kedua pemilik Grup Djarum ini anjlok hingga US$ 190,2 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun dalam sepekan. Rinciannya, kekayaan Robert Budi turun US$ 96,4 juta (Rp 1,4 triliun) dan Michael merosot US$ 93,8 juta (Rp 1,3 triliun).

Dengan demikian total harta kekayaan bos Grup Djarum per 23 Juni 2020 menjadi US$ 26,5 miliar atau sekitar Rp 377 triliun, yakni Robert Budi Hartono US$ 13,7 miliar (Rp 194,9 triliun) dan Michael Hartono US$ 12,8 miliar (Rp 182,1 triliun).

Adapun sepanjang tahun ini atau secara year to date (ytd) harta kekayaan Hartono bersaudara telah amblas hingga mencapai US$ 6,65 miliar atau sekitar Rp 94,6 triliun, yakni US$ 3,39 miliar (Rp 48,2 triliun) dari Robert Budi, dan US$ 3,28 miliar (Rp 46,7 triliun) dari Michael Hartono.

(Baca: Harta Lima Orang Terkaya Indonesia Raib Rp 286 T Terimbas Wabah Corona)

Seperti diketahui Hartono bersaudara adalah pemilik Grup Djarum yang merupakan produsen rokok terbesar di Indonesia. Djarum memproduksi hampir 20% dari total produksi rokok di tanah air. Grup ini juga merupakan pemegang saham pengendali bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA).

Hartono bersaudara menguasai BCA melalui PT Dwimuria Investama Andalan yang sahamnya dikuasai Robert Budi sebesar 51%, dan sisanya 49% dimiliki Michael Hartono.

Daftar Lima Orang Terkaya di Indonesia

Namun Hartono bersaudara tidak sendirian. Mereka termasuk dalam daftar lima orang terkaya negeri ini yang harta kekayaannya merosot selama sepekan terakhir, mengacu data Bloomberg Billionaire’s Index, terkecuali Prakash Lohia, pimpinan Indorama Corp.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...