Kasus Corona Tertinggi Kedua di RI, Jokowi Kunjungan Kerja ke Jatim

Dimas Jarot Bayu
25 Juni 2020, 10:52
kasus corona, jokowi, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Presiden Joko Widodo bakal mengunjungi Surabaya dan Banyuwangi antara lain untuk memberikan pengarahan terkait penanganan Covid-19.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (25/6). Jokowi dan rombongan lepas landas dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada sekitar pukul 08.15 WIB.

Rencananya, Jokowi bakal bertolak ke dua wilayah, yakni Surabaya dan Banyuwangi. Di Surabaya, Jokowi akan langsung menuju Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Jawa Timur.

"Tentunya di sana nanti Bapak Presiden akan memberikan arahan terkait dengan peningkatan kondisi Covid-19," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (25/6).

(Baca: Menkes Terawan Akan Cari Penyebab Ledakan Kasus Corona di Jawa Timur)

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan kembali ke Bandara Internasional Juanda untuk pergi menuju Bandara Internasional Banyuwangi. Dia lalu akan meninjau langsung pasar tradisional dan pasar pelayanan publik Rogojampi.

Kepala Negara kemudian dijadwalkan menuju Pantai So Long untuk meninjau kesiapan adaptasi kebiasaan baru di destinasi wisata tersebut. Menurut Heru, Jokowi berharap masyarakat Banyuwangi dapat produktif untuk mengeksploitasi destinasi wisata yang ada.

"Sehingga tidak terbelenggu dengan kondisi PSBB, tidak terbelenggu dengan kondisi Covid-19," kata Heru.

Agenda kunjungan kerja Jokowi diperkirakan berakhir pada sore hari dan langsung kembali ke Jakarta menggunakan pesawat melalui Bandara Internasional Banyuwangi  

(Baca: Menag: 1.400 Pesantren di Jawa Timur Tak Tutup Saat Pandemi Corona)

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Lalu, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Kunjungan Jokowi dilakukan di tengah lonjakan jumlah kasus positif virus di provinsi paling timur Pulau Jawa ini. Pada Rabu (24/6), ada tambahan 183 orang yang terpapar virus corona di Jawa Timur.

Total kasus positif corona di Jawa Timur sebanyak 10.298 orang, terbanyak kedua di Indonesia, setelah Jakarta. Sementara itu, kasus kematian akibat corona di Jawa Timur tercatat sebanyak 750 orang, paling tinggi se-Indonesia.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...