Menteri ESDM Ingin Genjot Eksplorasi, Anggarannya Hanya Rp 104 Miliar

Image title
Oleh Verda Nano Setiawan - Febrina Ratna Iskana
25 Juni 2020, 16:18
esdm, eksplorasi migas, anggaran
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi, kegiatan migas lepas pantai. Kementerian ESDM ingin menggenjot kegiatan eksplorasi migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM ingin menggenjot kegiatan eksplorasi di sektor energi dan pertambangan. Namun, anggaran yang disiapkan untuk kegiatan tersebut minim. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pemerintah berkomitmen mendorong kegiatan eskplorasi secara masif. Kegiatan tersebut tak hanya dilaksankaan untuk sektor migas, tetapi juga panas bumi dan batu bara.

"Jadi eksplorasi tidak hanya di migas, tetapi energi lain selain energi konvensional," ujar Arifin dalam rapat bersama Komisi VII, Kamis (25/6).

Pasalnya, produksi dan cadangan energi dan mineral batu bara Indonesia terus turun. Padahal, Indonesia memiliki potensi cadangan yang cukup besar. Salah satunya potensi cadangan migas di 68 cekungan yang ada di tanah air.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan, penemuan cadangan baru melalui kegiatan eksplorasi memerlukan waktu yang panjang. Oleh karena itu, pihaknya bakal mengeluarkan aturan yang mendorong kegiatan eksplorasi. Aturan tersebut ditargetkan selesai pada semester kedua tahun ini. 

Meski begitu, pemerintah tidak memberikan bantuan dana untuk mengembangkan kegiatan eksplorasi migas. Kementerian ESDM  bahkan tidak menganggarkan dana untuk kegiatan pencarian data dan informasi atau seismik migas sepanjang tahun ini. 

Kementerian ESDM pun hanya menganggarkan dana Rp 104,81 miliar untuk survei seismik di tiga lokasi pada 2021. Padahal, pengumpulan data dan survei seismik migas merupakan langkah awal dari kegiatan eksplorasi oleh perusahaan migas. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...