Riset CSIS: Mitra Grab Lebih Mudah Dapat Pinjaman

Cindy Mutia Annur
25 Juni 2020, 15:09
Riset CSIS: Mitra Grab Lebih Mudah Dapat Pinjaman
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, mitra driver Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4/2018).

Riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics menunjukkan, bahwa para mitra Grab lebih mudah mendapatkan pinjaman setelah bergabung. Mereka juga menjadi rutin menabung pasca-bermitra dengan decacorn asal Singapura ini.

Mitra yang dimaksud yakni GrabBike, GrabCar, dan merchant GrabFood. “Alasannya, karena para penyedia jasa keuangan lebih memercayai mereka,” kata Ekonom Tenggara Strategics Stella Kusumawardhani saat konferensi pers secara virtual, Kamis (25/6).

Advertisement

Survei itu dilakukan terhadap 5.008 responden di 12 kota selama Oktober hingga Desember 2019 pada empat lini bisnis yakni GrabBike, GrabCar, GrabFood, dan GrabKios. Kota yang disurvei yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembbang, Bandar Lampung, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Manado, dan Balikpapan.

CSIS menyurvei secara tatap muka. Penarikan sampelnya menggunakan metode pengacakan sistematis (systematic random sampling) dan kontrol kualitas call-back terhadap 50% responden.

(Baca: Riset CSIS: Grab Sumbang Rp 77,4 Triliun untuk Ekonomi Indonesia 2019)

Hasilnya, 18% dari mitra GrabBike dan 12% mitra GrabCar membuka rekening tabungan pertama mereka, setelah bergabung dengan Grab. Sebelumnya, mereka tak memiliki rekening tabungan.

Alhasil, mereka menjadi lebih 'melek' terhadap penggunaan layanan finansial. Sebanyak 46% mitra GrabBike, 34% mitra GrabCar, dan 50% mitra GrabFood mengaku dapat meminjam uang dengan lebih mudah ke bank maupun fintech lending, setelah bergabung dengan Grab.

Sebanyak 11% mitra GrabBike, 10% mitra GrabCar, dan 6% mitra GrabFood difasilitasi pinjamannya oleh Grab. “Ini memberi mereka kesempatan untuk mengajukan pinjaman agar dapat mengembangkan bisnisnya atau berinvestasi pada motor atau mobil baru," ujar Stella.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement