Sempat Tertunda, Perundingan Dagang RI-Eropa Dilanjutkan via Virtual

Rizky Alika
26 Juni 2020, 21:57
Sempat Tertunda, Perundingan Dagang RI-Eropa Dilanjutkan via Daring.
Katadata
Ilustrasi bendera Uni Eropa. Indonesia melanjutkan perundingan dagang dengan Uni Eropa setelah sempat terhenti akibat COovid-19.

Pandemi Covid-19 turut berdampak pada  tertundanya perundingan perdagangan antara Indonesia dengan negara mitra. Namun, usai sejumlah negara memberlakukan pelonggaran karantina wilayah (lockdown), perundingan dagang akhirnya mulai kembali digelar. 

Salah satunya perundingan kerja sama Indonesia dan Uni Eropa, melalui Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU-CEPA).

Putaran perundingan ke-10 IEU-CEPA semestinya dilakukan pada Maret 2020. Namun, perundingan sempat tertunda akibat pembatasan sosial yang dilaksanakan kedua pihak.

(Baca: Dampak Corona, Perundingan Dagang RI- Eropa Terganggu)

Hingga akhirnya pada 15-26 Juni 2020, kedua delegasi sepakat melaksanakan intersesi secara virtual. Hal ini disambut baik delegasi Indonesia, yang mana pertemuan intersesi secara daring yang telah berjalan dalam sepuluh hari terakhir.

"Ini membuktikan walaupun dipenuhi keterbatasan karena pandemi covid-19, delegasi Indonesia dan Uni Eropa tetap berkomitmen untuk membuat kemajuan atas berbagai isu runding dalam perundingan IEU-CEPA,” kata Ketua Tim Runding Indonesia Iman Pambgayo dalam keterangan tertulis, Jumat (26/6).

Ia mengatakan, ada 16 kelompok kerja yang bertemu dalam intersesi ini, antara lain perdagangan barang, ketentuan asal barang, bea cukai dan fasilitasi perdagangan, perdagangan jasa, investasi, hak kekayaan intelektual, energi dan bahan baku.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...