Buka Kanal Kesehatan Jiwa, Halodoc Gandeng 500 Psikolog dan Psikiater

Cindy Mutia Annur
29 Juni 2020, 18:11
Halodoc, startup, pandemi corona
Dokumen halodoc.
Ilustrasi. Halodoc menggandeng 500 psikolog dan psikiater terdaftar guna memberikan layanan konsultasi kesehatan jiwa melalui platformnya.

Halodoc menyediakan kanal khusus konsultasi psikologis untuk membantu penanganan kesehatan mental di tengah pandemi corona. Startup teknologi kesehatan ini telah menggaet sebanyak 500 psikolog dan psikiater terdaftar.

VP Marketing Halodoc Felicia Kawilarang mengatakan, statistik kesehatan mental perlu menjadi perhatian di Indonesia, bahkan sebelum terjadi pandemi. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2018, prevalensi gangguan mental emosional penduduk berusia di atas 15 tahun naik menjadi 9,8% dibandingkan pada 2013 yakni di angka 6%.

Advertisement

Dalam riset yang sama hasil wawancara dengan Mini International Neuropsychiatric Interview  juga memperlihatkan prevalensi depresi pada penduduk di atas umur 15 tahun. hanya 9% dari lebih dari 12 juta penderita depresi, yang menjalani pengobatan medis/ minum obat.

Adapun stigma negatif di masyarakat terhadap penyakit gangguan mental masih menjadi salah satu tantangan bagi mereka yang mengalami indikasi penyakit tersebut, terutama dalam hal akses untuk mendapatkan bantuan penanganan psikologi.

"Kini, melalui layanan telemedicine yang dapat secara mudah diakses melalui smartphone diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dan langkah penanganan pertama, terlebih di tengah pandemi ini," ujar Felicia dalam siaran pers, Senin (29/6). 

Felicia mengatakan, sebelumnya layanan psikologi klinis dan kedokteran jiwa sudah tersedia di layanan Chat with Doctor di Halodoc. Namun, menurut dia, perusahaan menghadirkan kanal khusus terkait Kesehatan Jiwa guna memaksimalkan layanan tersebut di tengah pandemi ini.

(Baca: Halodoc dan Good Doctor Bersiap Hadapi 'New Normal' Pandemi Corona)

Pengguna yang ingin berkonsultasi dapat langsung membuka layanan Kesehatan Jiwa di halaman awal Halodoc dan memilih bidang Psikologi Klinis atau Kedokteran Jiwa yang dibutuhkan. Pengguna lantas dapat berkonsultasi dengan psikolog/ psikiater yang dipilih.

Setelah lebih dari dua minggu diluncurkan, perusahaan mencatat kanal khusus Kesehatan Jiwa Halodoc mengalami peningkatan jumlah akses pengguna hingga 400%. "Keluhan yang paling banyak dikonsultasikan diantaranya keluhan seputar depresi, kecemasan, dan stress," ujar Feliciana.

Kondisi pandemi ini berpotensi meningkatkan gangguna kesehatan mental masyarakat. Langkah pencegahan dini pun perlu menjadi prioritas. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement