Banyak Pekerja Lepas Gabung di Platform Digital pada Masa Pandemi

Fahmi Ahmad Burhan
30 Juni 2020, 18:39
pekerja lepas, gig workers, digital
gojek
Pengemudi Gojek merupakan bagian dari pekerja lepas di platform digital.

Pandemi corona membuat semakin banyak pekerja lepas atau gig workers yang bergabung lewat platform digital. Para pekerja lepas ini sebagian besar merupakan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang mencapai 1,74 juta orang selama pandemi corona.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pekerja yang terkena PHK akan sulit kembali mencari kerja di tengah pandemi yang belum reda. Maka, akan banyak pekerja korban PHK yang beralih memilih menjadi pekerja lepas yang bergabung di platform digital seperti Gojek atau Grab.

(Baca: 3 Tips Bagi Freelance Untuk Bertahan Hadapi Pandemi & Normal Baru)

Para mitra pengemudi Grab dan Gojek merupakan contoh pekerja lepas. Selain itu, para pekerja yang terkena PHK juga diprediksi akan banyak berusaha masuk ke sektor informal dengan mendirikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lalu, mereka menjadi mitra dari e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, dan lainnya.

"Pekerja membutuhkan keberanian untuk mentransformasikan diri di ekosistem digital termasuk dengan menjadi gig workers," kata Arilangga dalam video conference pada Selasa (30/6).

Pandemi corona mempercepat proses transformasi digital. "Migrasi ke online diperlukan masyarakat di tengah situasi ini. Pemerintah akan terus mendorong digitalisasi, karena cost yang juga akan semakin murah," kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...