BEI akan Pertimbangkan lagi Ubah Satuan Lot Saham saat Kondisi Normal

Image title
30 Juni 2020, 20:23
bursa efek indonesia, satuan lot saham
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Bursa Efek Indonesia masih berniat mengubah satuan lot saham dari 100 saham per lot menjadi 50 atau 10 saham per lot.

Bursa Efek Indonesia (BEI) ternyata masih berniat untuk mengubah satuan satu lot saham yang saat ini setara dengan 100 saham. Bursa buka peluang untuk menurunkan satuan lot menjadi 50 saham atau 10 saham per lot.

Padahal sebelumnya BEI menyatakan batal menyesuaikan ukuran satu lot saham lantaran masih banyak saham murah yang dapat dibeli oleh investor yang memiliki dana terbatas.

Advertisement

"Wacananya masih ada. Tapi apakah ke 50 atau 10 atau berapa, itu yang masih perlu diskusi," kata Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota BEI Laksono Widodo dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (30/6).

Meski begitu, Laksono menilai bahwa penerapannya terjadi tidak dalam waktu dekat. Bursa masih menunggu perdagangan di pasar modal kembali normal setelah adanya beberapa peraturan yang diterapkan di tengah situasi pandemi Covid-19 sejak Februari 2020 lalu.

(Baca: Banyak Saham Murah, Otoritas Bursa Batal Pangkas Ukuran Satuan Lot)

"Karena kami masih beroperasi dalam situasi dimana jam perdagangan dan parameter perdagangan yang lainnya masih dalam situasi terkena pandemi Covid-19, tentu ini akan dibahas nanti setelah situasi dianggap normal," katanya menambahkan.

Bursa saat ini memang terus melakukan diskusi dengan berbagai pihak, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka menormalkan kembali perdagangan di pasar modal. Hal itu sejalan dengan volatilitas indeks yang sudah jauh berkurang dibandingkan beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement