Ketua DPR Minta Kebijakan Normal Baru Tak Buat Masyarakat Bingung

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Happy Fajrian

30/6/2020, 12.34 WIB

Puan meminta agar pemerintah menyiapkan dan mensosialisasikan kebijakan normal baru dengan jelas agar tidak menciptakan kebingungan.

new normal, normal baru, puan maharani, ketua dpr
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras.
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyiapkan dan mensosialisasikan kebijakan normal baru dengan baik agar tidak menciptakan kebingungan di tengah masyarakat.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyiapkan protokol kesehatan menuju tatanan normal baru atau new normal dengan baik. Dia juga meminta agar hal tersebut dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat.

Menurut Puan, masyarakat jangan dibuat semakin bingung karena protokol kesehatan menuju tatanan normal baru tak dipersiapkan dengan baik. "Bahkan kebingungan oleh aparat itu sendiri," kata Puan dalam Webinar 4 Bulan Bung Karno, Selasa (30/6).

Puan pun menilai persiapan protokol kesehatan ini penting untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa bahaya virus corona atau Covid-19 masih ada walau telah memasuki tatanan normal baru. Bahkan, Puan menilai bahaya corona tak hanya pada aspek kesehatan.

Menurut Puan, pandemi corona juga mengancam bidang ekonomi dan sosial di tengah masyarakat. "Jangan sampai mengartikan new normal atau adaptasi kehidupan baru itu seperti kita sudah betul-betul normal," kata Puan.

(Baca: Survei SMRC: 64% Masyarakat Indonesia Setuju Pemberlakuan Normal Baru)

Puan juga meminta pemerintah dapat membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan. Menurutnya, kekuatan nasional di bidang kesehatan saat ini masih perlu ditingkatkan. Hanya saja, Puan menilai hal tersebut tak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah.

Menurutnya, penyelenggaran pendidikan tenaga kesehatan, perguruan tinggi, lembaga riset, dan swasta juga perlu ikut terlibat membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan. "Seluruh elemen masyarakat harus turut serta untuk dapat atasi pandemi Covid-19," kata Puan.

Dia pun meminta masyarakat ikut ambil bagian dalam upaya membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Masyarakat juga dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. "Rakyat yang sehat akan meningkatkan produktivitas bangsa dalam segala bidang," kata dia.

(Baca: Masyarakat Anggap Ekonomi Membaik, Chatib: Efek Wacana Normal Baru)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan