Ketua DPR Minta Kebijakan Normal Baru Tak Buat Masyarakat Bingung

Dimas Jarot Bayu
30 Juni 2020, 12:34
new normal, normal baru, puan maharani, ketua dpr
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras.
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyiapkan dan mensosialisasikan kebijakan normal baru dengan baik agar tidak menciptakan kebingungan di tengah masyarakat.

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menyiapkan protokol kesehatan menuju tatanan normal baru atau new normal dengan baik. Dia juga meminta agar hal tersebut dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat.

Menurut Puan, masyarakat jangan dibuat semakin bingung karena protokol kesehatan menuju tatanan normal baru tak dipersiapkan dengan baik. "Bahkan kebingungan oleh aparat itu sendiri," kata Puan dalam Webinar 4 Bulan Bung Karno, Selasa (30/6).

Puan pun menilai persiapan protokol kesehatan ini penting untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa bahaya virus corona atau Covid-19 masih ada walau telah memasuki tatanan normal baru. Bahkan, Puan menilai bahaya corona tak hanya pada aspek kesehatan.

Advertisement

Menurut Puan, pandemi corona juga mengancam bidang ekonomi dan sosial di tengah masyarakat. "Jangan sampai mengartikan new normal atau adaptasi kehidupan baru itu seperti kita sudah betul-betul normal," kata Puan.

(Baca: Survei SMRC: 64% Masyarakat Indonesia Setuju Pemberlakuan Normal Baru)

Puan juga meminta pemerintah dapat membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan. Menurutnya, kekuatan nasional di bidang kesehatan saat ini masih perlu ditingkatkan. Hanya saja, Puan menilai hal tersebut tak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah.

Menurutnya, penyelenggaran pendidikan tenaga kesehatan, perguruan tinggi, lembaga riset, dan swasta juga perlu ikut terlibat membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan. "Seluruh elemen masyarakat harus turut serta untuk dapat atasi pandemi Covid-19," kata Puan.

Dia pun meminta masyarakat ikut ambil bagian dalam upaya membangun kekuatan nasional di bidang kesehatan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Masyarakat juga dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. "Rakyat yang sehat akan meningkatkan produktivitas bangsa dalam segala bidang," kata dia.

(Baca: Masyarakat Anggap Ekonomi Membaik, Chatib: Efek Wacana Normal Baru)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement