Strategi Siloam Hospitals Hadapi Pandemi Corona

Penulis: Muchammad Egi Fadliansyah

Editor: Agung Jatmiko

30/6/2020, 20.57 WIB

Menghadapi pandemi corona Siloam Hospitals terjun langsung dalam penanganan covid-19 dan menawarkan layanan konsultasi protokol kesehatan.

Ilustrasi, rumah sakit khusus pasien positif Covid-19 milik Siloam Hospitals. Menghadapi pandemi corona Siloam Hospitals terjun langsung dalam penanganan covid-19 dan menawarkan layanan konsultasi protokol kesehatan.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Ilustrasi, rumah sakit darurat khusus pasien positif Covid-19 milik Siloam Hospitals. Menghadapi pandemi corona Siloam Hospitals terjun langsung dalam penanganan covid-19 dan menawarkan layanan konsultasi protokol kesehatan.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19, PT Siloam Hospital Tbk mengelompokkan dua tantangan yang dihadapi bisnis rumah sakit. Tantangan yang dimaksud antara lain, bagaimana menghadirkan layanan kesehatan yang relevan, serta terkait perubahan model bisnis.

Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Caroline Riady mengungkapkan, dalam menghadirkan layanan kesehatan yang relevan, pihaknya merespons pandemi corona dengan langsung terlibat dalam pemeriksaan rapid test, maupun melakukan swab polymerase chain reaction (PCR).

"Keputusan ini kami ambil berdasarkan pertimbangan masih minimnya pengujian pada awal wabah covid-19. Padahal, tes ini penting untuk mendiagnosis kasus positif Covid-19," kata Caroline, dalam diskusi virtual, Selasa (30/6).

Kemudian, Siloam Hospitals juga memastikan ketersediaan dan kesiapan pelayanan dokter dan staf kesehatan lainnya selama masa pandemi corona. Selain itu, perusahaan juga terlibat aktif menangani pasien penderita Covid-19, serta di saat yang sama tetap memastikan pelayanan bagi pasien non-corona tetap berjalan.

Dari sisi perubahan model bisnis, tantangan yang dihadapi Siloam Hospitals adalah terganggunya cash flow perusahaan. Caroline menjelaskan, saat wabah virus corona pertama kali muncul di Indonesia, pihaknya memperkirakan cash flow hanya mampu bertahan 2,5 bulan.

Dari situasi tersebut, pilihan yang bisa diambil Siloam hanya dua, apakah ikut ambil bagian dalam penanganan Covid-19 atau tidak. Jika ikut ambil bagian, konsekuensinya perusahaan harus menambah investasi.

"Akhirnya kami putuskan untuk terlibat dalam penanganan Covid-19 dan menambah investasi. Langkah ini kami ambil karena panggilan untuk menangani wabah, dan keyakinan bahwa Covid-19 akan lewat," ujarnya.

(Baca: Asosiasi RS Swasta Anggap 360 RS Rujukan Corona Masih Kurang)

Hasilnya, Siloam Hospitals menjadi salah satu rumah sakit swasta peratama yang melakukan tes PCR. Totalnya, rumah sakit milik Grup Lippo ini telah melaksanakan 20.000 tes swab PCR dan 200.000 rapid test.

Tak hanya itu, 39 rumah sakit Siloam Hospitals telah memiliki 1.000 ruangan khusus untuk perawatan pasien positif Covid-19. Bahkan, tiga rumah sakit Siloam Hospitals telah dikhususkan untuk penanganan pasien Covid-19.

“Melalui strategi ini, rumah sakit kami yang lain bisa fokus pada pelayanan umum lainnya. Untuk mengembangkan rumah sakit khusus, kami kerjasama dengan lembaga penelitian internasional yang sudah berpengalaman, dari Singapura dan Tiongkok,” katanya.

Ia menambahkan, Siloam Hiospitals juga sudah meluncurkan metode tes bagi masyarakat dan perusahaan yang ingin melakukan penyaringan (screening) Covid-19, yakni dengan tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab. Tes ini bisa dilakukan di seluruh jaringan rumah sakit Siloam Hospitals dan tergolong terjangkau, serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Tingkat akurasinya bagus sangat cepat , hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Biaya tes serelogi juga hanya Rp 199.000 per orang," ujarnya.

Ia menambahkan,biaya tes ini  paling murah apabila dibandingkan tes screening lainnya, seperti PCR maupun rapid test. Pasalnya, biaya tes PCR yang paling murah masih sebesar Rp 1 juta, dan rapid test rata-rata di atas Rp 300.000.

Pengembangan bisnis lainnya selama pandemi corona, Siloam Hospitals juga membuka konsultasi bagi lembaga swasta maupun pemerintah, terkait protokol kesehatan. Kini, Siloam telah memiliki beberapa klien di sektor swasta seperti bank, pusat perbelanjaan atau mal hingga sekolah.

(Baca: BUMN akan Koordinasi dengan Swasta untuk Gelar Tes PCR Virus Corona)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha