SKK Migas dan Kementerian ESDM Cari Potensi Sumber Migas di 12 Wilayah

Image title
3 Juli 2020, 14:15
skk migas, esdm, eksplorasi migas, cadangan minyak, cadangan gas
www.skkmigas.go.id
Ilustrasi, kegiatan migas lepas pantai. SKK Migas dan Kementerian ESDM berupaya melengkapi data migas di 12 wilayah potensial untuk menarik investor eksplorasi di Indonesia. Sehingga cadangan migas bisa bertambah.

Pemerintah mencanangkan target 1 juta barel minyak pada 2030. Salah satu upayanya dengan melaksanakan eksplorasi untuk menambah cadangan migas baru. 

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas pun fokus pada 12 wilayah yang diproyeksi memiliki potensi migas. Adapun 12 wilayah potensial tersebut terdiri dari North Sumatra, Central Sumatra, South Sumatra, NE Jave-Makassar Strait, Tarakan Offshore, Kutai Offshore, Makassar Strait Area, Buton Offshore, Timor-Tanimbar-Semai, Northern Papua, Bird's Body, dan Warim. 

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan pihaknya bersama Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM tengah memproses joint study di 12 wilayah potensial. Setelah mendapatkan data migas yang cukup, 12 wilayah tersebut bakal ditawarkan kepada investor. 

Jika ada investor yang tertarik, investor bisa memulai kegiatan survei seismik hingga pengeboran sumur eksplorasi mendapatkan cadangan migas baru. "Semuanya sedang berproses. Nanti kita lihat hasilnya satu hingga dua tahun lagi. Ini masih menjanjikan, joint study masih dengan teman-teman Dirjen Migas," ujar Julius kepada Katadata.co.id, Jumat (3/7).

(Baca: Menteri ESDM Ingin Genjot Eksplorasi, Anggarannya Hanya Rp 104 Miliar)

 

(Baca: Lifting Migas Anjlok, SKK Migas Tetap Targetkan 1 Juta Barel Minyak)

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto sebelumnya mengatakan potensi migas di Indonesia masih cukup besar. Pihaknya pun terus berupaya mendorong kegiatan eksplorasi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...