Kemenkop UKM dan BRI Dorong Kebangkitan UMKM

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
6 Juli 2020, 22:24
Bank Rakyat Indonesia
Katadata

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mendukung upaya-upaya Bank BRI untuk menyelamatkan dan memilih UMKM yang sedang dalam kondisi sulit akibat terimbas pandemi Covid-19. Dalam konferensi pers  di Jakarta (6/7), Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan menyampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM aktif berkomunikasi dan berkoordinasi dengan kementerian, lembaga dan pihak terkait lainnya termasuk  BRI dengan tujuan memberi perlindungan terhadap pelaku UMKM di Indonesia.

Salah satu bentuk nyata upaya kepedulian pemerintah yakni dengan menggulirkan program tambahan subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR). Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menyampaikan, BRI telah menerima alokasi dana tersebut dari Kemenkop UKM dan telah meneruskan subsidi bunga ini kepada UMKM yang masuk dalam kriteria penerima.

Advertisement

“Pada minggu lalu, Selasa (30/6), BRI telah mendistribusikan stimulus tambahan subsidi bunga KUR tahap pertama yang telah diterima dari pemerintah senilai Rp12,9 miliar kepada lebih dari 211 ribu debitur KUR di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Secara teknis, tambahan subsidi bunga yang dibayarkan pemerintah akan dimasukan ke rekening pinjaman debitur dan tidak dapat diambil secara tunai untuk cadangan beban pembayaran bunga atau meringankan pembayaran bunga bulan berikutnya.

“Selanjutnya debitur yang dinyatakan berhak menerima tambahan subsidi bunga, akan menerima stimulus sebesar 6 persen pada 3 bulan pertama dan 3 persen pada 3 bulan kedua serta tambahan subsidi tersebut berlaku sejak  Mei 2020,” kata Supari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement