Berkebun hingga Memasak, 5 Hobi Baru Masyarakat pada Era New Normal

Pingit Aria
7 Juli 2020, 18:00
Kesibukan pengiriman barang di Warehouse Lazada di kawasan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (12/11/2019). Warehouse seluas 30.000 meter persegi ini memiliki kapasitas penyimpanan 2 juta dari kapasitas total 7-8 juta barang dan diklaim terbesar di
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Kesibukan pengiriman barang di Warehouse Lazada di kawasan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (12/11/2019). Warehouse seluas 30.000 meter persegi ini memiliki kapasitas penyimpanan 2 juta dari kapasitas total 7-8 juta barang dan diklaim terbesar di kawasan Asia Tenggara. Pada hari diskon festival 11.11 diperkirakan terjadi peningkatan penjualan di platform e-dagang Lazada hingga 300 persen dibandingkan dengan tahun 2018.

Seiring penerapan tatanan normal baru, masyarakat Indonesia kembali harus menyesuaikan gaya hidup dan rutinitas sehari-hari. Kebiasaan baru ini kemudian tercermin dari barang-barang yang dibeli, termasuk secara online melalui e-commerce.

Berdasarkan tren pembelian konsumen selama masa ‘self-quarantine’, Lazada merangkum lima hobi baru atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah di era new normal.

Berkebun

Di awal masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau (PSBB), salah satu kendala konsumen adalah akses bagi bahan makanan segar. Akibatnya, banyak yang mulai menyiasati dengan membuat kebun sendiri di lahan terbatas (urban farming) di rumah.

Tanaman sayur mayur dan buah merupakan sebagian tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Sedangkan bambu banyak dibeli sebagai penghias rumah atau pagar.

Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, menanam dalam pot memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan terbatas, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan di dalam ruang sekalipun.

(Baca: 91 Juta Data Pengguna Beredar di Forum Peretas, Tokopedia Lapor Polisi)

Mendekorasi Rumah

Selain berkebun, Anda juga bisa mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur. Ada juga yang mengecat ulang dinding dengan warna-warna baru untuk mengganti suasana.

Menurut data dari Lazada, kategori ‘Outdoor & Garden’ meningkat sebesar 38%. Dalam masa new normal, sebagian mungkin akan tetap berada di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...