Survei LSI: 74,8% Masyarakat di 8 Provinsi Ekonominya Buruk saat Covid

Dimas Jarot Bayu
7 Juli 2020, 16:10
Survei LSI: 74,8% Masyarakat di 8 Provinsi Ekonominya Buruk saat Covid.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri. Survei LSI Denny JA menyatakan 74,8% Masyarakat di 8 provinsi ekonominya memburuk saat Covid-19.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil sigi terbaru mengenai  persepsi masyarakat di 8 provinsi Indonesia tentang kondisi ekonomi mereka selama pandemi virus corona Covid-19. Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA, 74,8% masyarakat di delapan provinsi menilai kondisi ekonomi mereka memburuk selama pandemi corona.

Sementara 22,4% responden menyatakan bahwa kondisi ekonomi mereka tidak berubah dibandingkan masa sebelum pandemi corona. “Ada 2,2% responden yang menyatakan bahwa keadaan ekonomi mereka lebih baik,” ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di kantornya, Jakarta, Selasa (7/7).

Menurut Ardian, responden dengan pendapatan di bawah Rp 1,5 juta per bulan paling banyak menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk selama pandemi corona. Ada 81,3% dari basis responden tersebut yang menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk pada saat ini.

(Baca: SMRC: 71% Masyarakat Nilai Ekonomi Rumah Tangga Memburuk saat Pandemi)

Masyarakat dengan pendapatan Rp 1,5-3 juta per bulan menyatakan kondisi ekonominya memburuk saat pandemi corona sebesar 77,8%. Kemudian, 70,5% masyarakat dengan pendapatan sebesar Rp 3-4,5 juta per bulan yang menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk saat ini. 

Masyarakat dengan penghasilan di atas Rp 4,5 juta yang menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk saat pandemi corona sebesar 59,9%. “Kalau lihat persentasenya, semakin dia penghasilannya rendah, persepsi ekonomi yang dia rasakan semakin buruk,” katanya. 

Dia juga menyebut persepsi terkait ekonomi memburuk saat pandemi corona paling banyak berasal dari masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah. Hasil survei menunjukkan, ada 78,8% responden lulusan SD atau di bawahnya yang menganggap kondisi ekonomi mereka memburuk saat ini.

Sementara responden dengan tingkat pendidikan SMP sederajat menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk saat ini ada sebesar 76,7%. Berikutnya, 77,5% responden dengan tingkat pendidikan SMA sederajat yang menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk ketika pandemi corona.

“Responden yang pernah kuliah atau di atasnya yang menyatakan kondisi ekonomi memburuk sebesar 62,5%,” kata Ardian.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...