Temuan Flu Babi Baru, Kementan Tegaskan Tak Impor Babi dari Tiongkok

Image title
Oleh Ekarina
7 Juli 2020, 12:28
Temuan Flu Babi Baru, Kementan Tegaskan Tak Impor Babi dari Tiongkok.
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
Ilustrasi sentra peternakan babi. Kementan menegaskan saat ini tak ada impor babi asal Tiongkok masuk ke Indonesia. Hal ini untuk mencegah penularan virus flu babi baru.

Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian menegaskan saat ini tidak ada impor hewan babi dari Tiongkok yang masuk ke dalam negeri. Hal ini dipertegas seiring dengan adanya temuan virus baru flu babi (swine flu) G4 EA H1N1 yang berpotensi menjadi pandemi baru.

Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Kementan Agus Sunanto menjelaskan, importasi hewan, khususnya babi saat ini hanya didatangkan dari Kanada dan Amerika Serikat (AS). 

"Impor hewan tersebut tidak ada yang dari Tiongkok. Kita impor dari Kanada dan AS, itu pun tidak rutin hanya terkait pengadaan bibit saja, mungkin tahun depan atau ketika ada kebijakan dari Kementerian Pertanian. Tapi sekarang ini belum ada (impor)," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/7).

(Baca: Ilmuwan Tiongkok Temukan Flu Babi Jenis Baru, Berpotensi jadi Pandemi)

Agus menjelaskan bahwa impor bibit babi dari Kanada dan AS tidak dilakukan secara rutin. Kebijakan pengadaan bibit tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian untuk perbaikan genetika dan penambahan populasi babi.

Sebaliknya, saat ini Indonesia justru rutin mengekspor hewan babi ke Singapura. Setidaknya, 1.000 ekor babi diekspor setiap harinya ke Negeri Singa.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...