Kasus Corona di AS Tembus 3 Juta, Lonjakan Terjadi di 24 Negara Bagian

Agustiyanti
8 Juli 2020, 14:37
kasus corona, lonjakan kasus baru, virus corona, ICU, rumah sakit, pandemi corona, amerika serikat, gelombang dua corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Leon Kuegeler/WSJ/dj
Ilustrasi. Jumlah kematian di AS akibat corona telah mencapai lebih dari 131 ribu orang.

Virus corona telah menginfeksi lebih dari tiga juta orang di Amerika Serikat hingga Selasa (7/7). Banyak negara bagian AS yang melaporkan kekurangan ranjang di unit perawatan intensif atau ICU di rumah sakit.

Dikutip dari Reuters, pihak berwenang melaporkan lonjakan kasus harian selama dua pekan terakhir di lebih dari 24 negara bagian di AS. California, Hawaii, Idaho, Missouri, Montana, Oklahoma dan Texas pada hari Selasa memecahkan rekor tertinggi angka harian kasus baru.

Advertisement

Kenaikan tertinggi terjadi di Texas dan California. Dua negara bagian AS terbesar ini masing-masing memiliki lebih dari 10.000 kasus. Sekitar 24 negara telah melaporkan tingkat infeksi yang sangat tinggi terutama seiring tes yang dilakukan selama seminggu terakhir. Di Texas saja, jumlah pasien rawat inap naik lebih dari dua kali hanya dalam dua minggu.

Tren ini telah mendorong lebih banyak orang Amerika untuk mencari pengecekan Covid-19. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya menambah tempat pengujian seiring lonjakan permintaan tes di tiga wilayah metropolitan yakni Florida, Louisiana, dan Texas.

(Baca: WHO: Muncul Bukti Covid-19 Bisa Menyebar Melalui Udara)

Di Houston, lebih dari 200 mobil mengantre berjam-jam di sekitar United Memorial Medical Center untuk memperoleh pengujian. Beberapa telah tiba malam sebelumnya untuk mengamankan tempat antrean di situs drive-through.

"Saya diuji karena adik laki-laki saya positif," kata Fred Robles (32) yang menghabiskan malam itu di mobilnya untuk mendapatkan tes Covid-19. "Ada begitu banyak orang yang perlu diuji, tidak ada yang dapat Anda lakukan."

Dean Davis yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi, mengatakan tiba di lokasi pengujian pada pukul tiga pagi, Selasa (7/7). Pria berusia 32 tahun menunggu berjam-jam pada Senin tapi gagal mendapatkan tes.

"Biarkan aku sampai di sini jam tiga, mungkin tidak akan ada orang di sini," kata Davis. "Aku sampai di sini, sudah ada garis."

Di Florida, lebih dari empat lusin rumah sakit di 25 dari 67 kabupaten melaporkan bahwa unit perawatan intensif mereka mencapai kapasitas penuh. Menurut Badan Administrasi Perawatan Kesehatan negara bagian, hanya 17% dari total 6.010 tempat tidur ICU dewasa di seluruh negara bagian yang tersedia pada hari Selasa, turun dari 20% pada tiga hari sebelumnya.

(Baca: BI Proyeksi Kemiskinan Bertambah jadi 30,3 Juta Orang Imbas Pandemi)

Tambahan pasien rawat inap telah membebani sistem perawatan kesehatan di banyak daerah, yang mengarah pada peningkatan korban jiwa. Di Amerika Serikat, lebih dari 131 ribu orang telah meninggal dunia akibat Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement