Pesaing TikTok di India Janji Tak Akan Terima Investasi dari Tiongkok

Desy Setyowati
9 Juli 2020, 16:18
Pesaing TikTok di India Janji Tak Akan Terima Investasi dari Tiongkok
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok

Pemerintah India memblokir 59 aplikasi buatan perusahaan Tiongkok. Pesaing TikTok, Chingari pun mengumbar janji tak akan menerima investasi dari Negeri Panda untuk menggaet lebih banyak pengguna.

Aplikasi video pendek Chingari diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store selama kurang dari sebulan. Platform ini dianggap sebagai alternatif TikTok.

Pengembang aplikasi lokal itu bahkan tengah menggalang pendanaan seri A senilai US$ 10 juta, yang akan ditutup pekan depan. Dana segar ini akan dipakai untuk mengembangkan platform di tengah melonjaknya jumlah pengguna.

Salah satu pendiri Chingari, Sumit Ghosh menyatakan perusahaannya tidak akan mencari dana dari investor Tiongkok. “Tidak sekarang, tidak selamanya," kata dia dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (9/7).

(Baca: TikTok Diblokir di India, Instagram Siap Rebut Pasar)

Ia mengungkapkan, investor berasal dari Amerika Serikat (AS) atau Inggris. “Ada banyak uang global yang tersedia, sehingga jelas, tidak ada dana dari Tiongkok,” kata dia.

Perusahaan-perusahaan lokal memang memanfaatkan momentum perselisihan India dan Tiongkok untuk merebut pasar. Hubungan antara kedua negara memanas akibat bentrok di perbatasan Himalaya, yang menewaskan 20 tentara dari Negeri Bollywood.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...