IPC Targetkan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Beroperasi Tahun Depan

Image title
10 Juli 2020, 07:38
jalan tol, pelindo, infrastruktur, bumn
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Pemandangan pembangunan jalan tol Cibitung-Cilincing di kawasan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/2/2020). PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) menargetkan pembangunan jalan tol Cibitung-Cilincing ditargetkan rampung semester I tahun depan.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC menyebut pembangunan jalan tol Cibitung-Cilincing (JTCC) telah mencapai 74%. Perusahaan menargetkan proyek itu bisa beroperasi pada semester I tahun depan.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengatakan JTCC akan menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Jika sudah beroperasi, tol ini akan memangkas waktu perjalanan Cikarang-Cibitung hingga 50%.

Selain itu, jalan tol tersebut akan menjadi salah satu akses utama pendistribusian barang dari pelabuhan ke kawasan industri di timur Jakarta, atau sebaliknya.  Dengan berfungsinya ruas tol JTCC, maka pergerakan barang dari dan menuju pelabuhan akan semakin cepat.

“Kami yakin keberadaan ruas bisa menekan biaya logistik, dan mengurangi trafik sekitar ruas tol Jakarta - Cikampek,” ujar Arif dalam siaran pers, Kamis (9/7).

(Baca: Sambut Normal Baru, Pelindo II Kebut Digitalisasi Layanan di Pelabuhan)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...