Meski Kookmin Jadi Pengendali, Bank Bukopin Tetap Fokus di Segmen UMKM

Image title
10 Juli 2020, 11:11
Ilustrasi, karyawan PT Bank Bukopin Tbk melayani nasabah. Bank Bukopin menyatakan tidak akan mengubah fokus bisnis di segmen UMKM meski Kookmin Bank menjadi pengendali.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Ilustrasi, karyawan PT Bank Bukopin Tbk melayani nasabah. Bank Bukopin menyatakan tidak akan mengubah fokus bisnis di segmen UMKM meski Kookmin Bank menjadi pengendali.

PT Bank Bukopin Tbk menyatakan tidak akan mengubah fokus bisnis, yakni segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), meski KB Kookmin Bank menjadi pengendali.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Purwantono mengatakan, masuknya Kookmin Bank memang akan menjadikan perseroan lebih kuat dari segi permodalan, dan jangkauan. Namun, segmen UMKM tetap menjadi bidikan utama, bahkan akan diperkuat.

Advertisement

“Template bisnis memang akan menggunakan model yang diterapkan di Korea Selatan, tapi fokus kepada UMKM di Indonesia," kata Rivan, dalam sebuah acara webinar, Kamis (9/7).

Jika melihat segmen yang digarap oleh Kookmin Bank, fokus utamanya adalah kredit konsumer. Diikuti oleh kredit usaha atau corporate loan, yang terdiri dari UMKM, dan kredit untuk korporasi besar.

Mengutip presentasi KB Financial Group, penyaluran kredit konsumer Kookmin Bank pada kuartal I 2020 tercatat mencapai 152,6 triliun won atau setara dengan Rp 1.834,05 triliun (asumsi kurs Rp 12,02 per won). Dari jumlah tersebut, porsi kredit pemilikan rumah (KPR) atau mortgage paling dominan, sebesar 82,1 triliun won.

Sementara, untuk segmen corporate loan, pada kuartal I 2020 Kookmin Bank menyalurkan 127,8 triliun won atau setara dengan Rp 1.535,98 triliun. Dari jumlah tersebut, kelompok UMKM paling besar, yakni 106,4 triliun won, di mana porsi usaha mikro atau small office/home office (SOHO) tercatat mencapai 70,8 triliun won. Sedangkan, kredit korporasi besar hanya 21,4 triliun won.

Sehingga, fokus Bank Bukopin pada segmen UMKM pasca-Kookmin Bank menjadi pengendali perseroan, bisa dikatakan masih linear dengan bisnis bank asal Korea Selatan tersebut.

(Baca: Suntikan Kookmin ke Bukopin Bisa Beri Sinyal Positif untuk Perbankan)

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement