Amazon Bantah Instruksikan Karyawannya Hapus Aplikasi Tiktok

Fahmi Ahmad Burhan
11 Juli 2020, 09:47
amazon, tiktok, aplikasi, amerika serikat, tiongkok
123RF.com/Opturadesign
Ilustrasi, aplikasi video musik TikTok. Amazon disebut-sebut menginstruksikan karyawannya menghapus aplikasi Tiktok karena alasan keamanan.

Raksasa e-commerce Amazon disebut-sebut mengirim pesan kepada karyawannya agar menghapus aplikasi TikTok. Namun, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) langsung membantahnya.

Amazon mengirimkan email kepada karyawannya yang berisi instruksi penghapusan aplikasi TikTok pada Jumat (10/7). "Jika Anda memiliki TikTok di perangkat Anda, Anda harus menghapusnya pada 10 Juli untuk mempertahankan akses seluler ke email Amazon," tulis pesan tersebut seperti dikutip dari BBC Internasional pada Jumat (10/7). 

Karyawan diinstruksikan untuk menghapus TikTok dengan alasan risiko keamanan. Aplikasi TikTok tidak diizinkan pada perangkat seluler yang dapat mengakses email Amazon. 

Setelah dikonfirmasi, Amazon menyebut instruksi itu merupakan kesalahan teknis. "Email kepada beberapa karyawan kami dikirim karena kesalahan. Tidak ada perubahan pada kebijakan kami saat ini sehubungan dengan TikTok," kata juru bicara Amazon.

(Baca: Trump Berencana Blokir, Tiktok: CEO Kami Berasal dari AS)

Aplikasi besutan perusahaan Tiongkok Bytedance itu memang mendapatkan sorotan baru-baru ini. Setelah Pemerintah India memblokir TikTok, Pemerintah AS pun berencana melarang aplikasi itu.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...