Thailand Uji Coba Vaksin Corona Kepada Manusia November Tahun ini

Happy Fajrian
12 Juli 2020, 17:26
vaksin virus corona thailand, uji coba vaksin
ANTARA FOTO/REUTERS/Leon Kuegeler/WSJ/dj
Ilustrasi. Thailand mulai uji coba vaksin virus corona kepada manusia pada November mendatang.

Thailand berencana melakukan pengujian klinis kandidat vaksin virus corona kepada manusia pada November tahun ini. Sekitar 10 ribu dosis vaksin telah disiapkan, diperkirakan vaksin ini dapat mulai digunakan kepada seluruh penderita virus corona atau Covid-19 pada akhir 2021.

Direktur pengembangan vaksin Bangkok’s Chulalongkorn University mengatakan bahwa rencana ini seiring dengan keberhasilan pengujian kandidat vaksinnya terhadap primata. Langkah selanjutnya yaitu memproduksi vaksin dalam dosis yang dibutuhkan untuk pengujian terhadap manusia.

“Kami awalnya berencana melakukan tes pada Juni, namun tidak mudah untuk merencanakan semuanya,” kata Kiat seperti dikutip Reuters, Minggu (12/7).

Adapun kandidat vaksin ini akan diproduksi di fasilitas milik BioNet-Asia yang akan menyelesaikan produksi pada Oktober mendatang. Sedangkan fasilitas di San Diego, Amerika Serikat (AS), dan Vancouver, Kanada, akan memproduksi 10 ribu dosis yang akan diujikan kepada 5 ribu orang.

(Baca: Pfizer & BioNtech akan Produksi 100 Juta Dosis Vaksin Corona Tahun Ini)

Pengujian akan dilakukan terhadap orang berusia 18 hingga 60 tahun yang akan menerima dosis dalam jumlah yang berbeda. Meski demikian uji klinis terhadap manusia ini tidak akan dilakukan sebelum mendapatkan izin dari Thai Food and Drug Administration dan komite etik.

“Jika semuanya berlangsung sesuai rencana, vaksin akan segera tersedia pada kuartal ketiga atau keempat tahun depan,” kata Kuat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...