Cathay Life Bakal Suntik Modal, Bank Mayapada Target 2022 Jadi BUKU 4

Image title
13 Juli 2020, 16:41
bank mayapada, buku 4, cathay life insurance, suntik modal
Bank Mayapada KATADATA | Arief Kamaludin
Bank Mayapada akan mendapat suntikan modal dari Cathay Life Insurance, dengan target yang ambisius untuk naik menjadi BUKU 4 pada 2022 atau 2023.

PT Bank Mayapada Internasional Tbk mengungkapkan bahwa perusahaan asal Taiwan, Cathay Life Insurance Co. Ltd., berencana akan menambah permodalan bank hingga menjadi pemegang saham mayoritas.

Direktur Utama Bank Mayapada Hariyono Tjahjarijadi mengatakan bahwa masuknya Cathay Life sebagai pemegang saham pengendali Bank Mayapada sebagai langkah strategis kedua belah pihak agar Mayapada bisa naik kelas menjadi bank umum kegiatan usaha (BUKU) 4.

Advertisement

Seperti diketahui untuk naik jadi BUKU 4 Bank Mayapada membutuhkan suntikan modal sekitar Rp 20 triliun lantaran modal inti bank ini per 31 Maret 2020 sebesar Rp 10,42 triliun. Adapun untuk naik ke BUKU 4 bank harus memiliki modal inti minimal Rp 30 triliun.

“Diharapkan dengan pihak Cathay menjadi mayoritas pemgang saham maka Bank Mayapada bisa naik jadi Bank BUKU 4. Targetnya 2022 atau 2023,” kata Hariyono kepada Katadata.co.id, Senin (13/7).

(Baca: Rajin Kumpulkan Modal, Bank Mayapada Bidik Tambahan Rp 750 M)

Hariyono mengungkapkan saat ini Cathay Life tengah melakukan perhitungan terkait besaran porsi saham yang bakal diambil alih perusahaan asal Taiwan ini. Saat ini Cathay Life menggenggap 37,33% saham Bank Mayapada. "Nanti akan menjadi pengendali saham mayoritas. Sudah disetujui Komisaris Utama (Dato' Sri Tahir)," ujarnya.

Rencana suntikan modal ini menjadi angin segar bagi Bank Mayapada yang sempat menjadi sorotan dalam laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait permasalahan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap tujuh bank.

Temuan ini merupakan hasil audit BPK terhadap pelaksanaan pengawasan bank umum yang diselenggarakan OJK pada 2017-2019 dan termuat dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II 2019.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement