Mengenal MLFF, Cara Bayar Tol Tanpa Sentuh yang Diterapkan Tahun Depan

Sorta Tobing
13 Juli 2020, 12:57
MLFF adalah, jalan tol, nontunai, nirsentuh
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi. Transaksi pembayaran non-tunai di jalan tol mulai tahun depan bisa tanpa sentuh (nirsentuh). Sistem ini disebut multi lane free flow (MLFF).

Transaksi pembayaran non-tunai di jalan tol mulai tahun depan bisa tanpa sentuh (nirsentuh) atau multi lane free flow (MLFF). Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit mengatakan sistem ini akan diterapkan bertahap.

Penerapannya berdasarkan lingkup wilayah, bukan per ruas tol. “Ini yang akan jadi usulan para peserta tender,” katanya, dikutip dari Liputan6.com, Jumat (10/7).

MLFF merupakan transaksi pembayaran jalan tol dengan teknologi nirsentuh. Dengan begitu, semua kendaraan tidak perlu berhenti ketika membayar tarif di gerbang tol.

Proses prakualifiasi lelang proyek ini sudah berjalan pada 8 Juli 2020. Pengumuman hasilnya akan dilakukan pada 21 Agustus 2020. Beberapa investor asing sempat menyatakan tertarik mengikutinya.

Perusahaan Hungaria, Roatex Ltd Zrt, tahun lalu sudah menyatakan minatnya. Kementerian PUPR bahkan menunjuk perusahaan sebagai pemrakarsa proyek itu pada 31 Oktober 2019.

Roatex menawarkan teknologi global navigation satellite system atau GNSS. Teknologi ini membuat alat pembaca tidak perlu di setiap tempat karena memakai satelit, berbeda dengan radio frequency identification atau RFID.

GNSS memakai alat yang dipasang di dalam mobil. Ketika kendaraan berada di gardu jalan tol, alat itu akan terbaca melalui sistem di satelit. Penggunan teknologi seperti ini banyak diterapkan di negara Eropa Timur.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution, Martha Ruth Thertina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...