Profil Doni Primanto Joewono, Deputi Gubernur Bank Indonesia yang Baru

Image title
13 Juli 2020, 17:16
Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Komisi XI DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga kandidat De
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7/2020). Komisi XI DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga kandidat Deputi Gubernur BI yakni Aida S Budiman, Juda Agung dan Doni Primanto Joewono untuk menggantikan Erwin Rijanto yang masa jabatannya akan berakhir pada 17 Juni 2020.

Komisi XI DPR RI telah mengumumkan hasil uji kelayakan terhadap tiga kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), hari ini (13/7). Doni Primanto Joewono dinyatakn terpilih mengemban jabatan itu untuk periode 2020-2025 menggantikan Erwin Rijanto.

“Sudah terpilih, musyawarah dan mufakat ke Pak Doni,” kata Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganindito kepada Katadata.co.id, Senin (13/7).

Advertisement

Pengambilan keputusan secara mufakat ditempuh DPR setelah sempat menunda pemungutan suara atau voting pada Rabu (8/7) lalu. Bahkan hingga tadi pagi para anggota Komisi XI belum bisa menetapkan mekanisme pengambilan keputusan apakah melalui musyawarah mufakat atau voting.

(Baca: Lewat Mufakat DPR Pilih Doni Primanto Joewono Sebagai Deputi Gubernur BI)

Sebelum terpilih, Doni menjalani uji kelayakan pada 8 Juli lalu. Selain dirinya, Komisi XI DPR juga menguji dua nama lain yang diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Aida Budiman dan Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung.

Bagaimana profilnya?

Doni saat menjalani uji kelayakan menjabat sebagai Direktur Ekeskutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI. Ia memulai kariernya di Bank Sentral pada 1991 sebagai staf di Departemen Pengelolaan Moneter sampai 1996. Kemudian ia beralih jabatan menjadi peneliti ekonomi junior di departemen yang sama sampai 2000.

Kariernya berlanjut sebagai peneliti ekonomi di Departemen Pengelolaan Moneter (2000-2002). Ia lantas menjabat Deputi Kepala Bagian Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter (2002-2005), Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter Departemen Statisitik Ekonomi dan Moneter (2005), dan Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter Kantor BI Semarang (2005).

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement