Jokowi: 215 Negara Hadapi Masalah Kesehatan dan Ekonomi Akibat Pandemi

Rizky Alika
11 September 2020, 15:59
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau salah satu pusat perbelanjaan, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Kehadiran Presiden itu untuk meninjau persiapan prosedur pengoperasian mal yang berada di wilayah zona hijau, wabah COVID-19.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau salah satu pusat perbelanjaan, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Kehadiran Presiden itu untuk meninjau persiapan prosedur pengoperasian mal yang berada di wilayah zona hijau, wabah COVID-19.

Pandemi Covid-19 telah masalah Kesehatan dan ekonomi di berbagai negara. Presiden Joko Widodo pun mengatakan, tantangan yang muncul akibat pandemi ini begitu berat.

"215 negara harus menghadapi permasalahan kesehatan dan permasalahan ekonomi yang sangat rumit," katanya dalam acara Dies Natalis 63 Tahun Universitas Padjajaran, Jumat (11/9/2020). Ia menambahkan, "Negara maju maupun negara berkembang sama-sama tidak siap hadapi tantangan ini.”

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, seluruh pihak harus menghadapi tantangan ini dengan cara yang luar biasa. Selain itu, pola pikir dan strategi juga harus disusun dengan cara yang luar biasa.

Hal ini juga perlu diikuti dengan perubahan standar normalitas, baik normalitas pada bidang kesehatan, budaya kerja, dan cara kerja. "Sekarang saatnya perkenalkan standar normalitas baru dalam kehidupan profesional kita," katanya.

Selain itu, pengembangan teknologi perlu dimanfaatkan saat pandemi ini. Sebagai contoh, pemanfaatan kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang.

Teknologi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kemandirian pangan, kemandirian energi, dan pengembangan kewirausahaan UMKM di berbagai sektor. "Oleh karena itu, kita tidak boleh terjebak dalam rutinitas," ujar dia.

Bagaimanapun, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis Indonesia bisa mengambil peluang untuk pulih dan masuk dalam peringkat lima dunia pada 2024.

Erick mengibaratkan upaya negara-negara untuk bangkit dari pandemi sebagai lomba siput. "Ibarat perlombaan siput, semua lambat. Tapi selambat-lambatnya kita, masih bisa masuk rangking ke-5 dunia pada 2024," katanya dalam forum yang sama.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...