Harga Cabai Melandai, Mendag Pastikan Bahan Pokok Aman Jelang Ramadan

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 April 2021, 14:03
Pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan stok bahan pokok tersedia dengan harga yang stabil menjelang Ramadan 2021.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan stok bahan pokok tersedia dengan harga yang stabil menjelang Ramadan 2021.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meninjau Pasar Induk Kramat Jati untuk meninjau pasokan dan harga bahan pokok menjelang Ramadan. Pasar Induk Kramat Jati merupakan pusat perdagangan sayur-mayur sebelum didistribusikan ke pasar-pasar lain di Ibu Kota Jakarta.

"Saya sengaja ke Pasar Induk Kramat Jati untuk memeriksa dari hulunya. Jadi kalau kita bisa lihat, bahwa semua barang hampir bisa dibilang stabil, bahkan menurun," kata Lutfi, Rabu (7/4/2021).

Advertisement

Usai kunjungan tersebut, Lutfi memastikan harga bahan pokok cukup stabil menjelang Ramadan. Bahkan, harga cabai rawit cenderung menurun.

“Kita bisa melihat harga cabai rawit yang tadinya sempat di atas Rp100 ribu hari ini sudah mendekati Rp70 ribu. Bahkan ketika nanti panen malah akan menurun lagi. Begitu juga dengan cabai merah dan cabai merah keriting," katanya.

Sementara itu, harga bahan pokok lain seperti  bawang merah dan beras cenderung stabil. Ia mengatakan harga bawang merah stabil antara Rp18-21 ribu per kilogram, atau Rp1.000 di bawah harga eceran tertinggi (HET). Harga bawang putih juga stabil di angka Rp 18-21 ribu. Sementara harga beras premium dan medium juga stabil. 

Dengan demikian ia menjamin harga bahan pangan jelang Ramadan terjangkau dan akan turun dengan adanya panen raya. “Mudah-mudahan puasa kita tahun ini bisa lebih tenang dan lebih baik. Semua suplai saya pastikan barangnya ada dan tersedia,” ujarnya.

Tinjauan ke Sumatera

Sebelumnya, Lutfi juga mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meresmikan Pasar Pariaman di Sumatra Barat. Pasar Pariaman merupakan pasar sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Sumatra Barat pada 2009 dan 2016.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement