Bank Dunia Anggarkan US$ 2 Miliar untuk Vaksin Covid-19 di 40 Negara

Safrezi Fitra
10 April 2021, 10:23
vaksinasi, bank dunia, covid-19, virus corona, world dunia, vaksin virus corona, vaksin, negara berkembang, vaksin covid-19
Arief Kamaludin | Katadata
Bank Dunia berkomitmen membantu program vaksinasi di negara-negara berkembang.

Bank Dunia (World Bank) menyatakan komitmennya untuk mendanai program vaksinasi Covid-19 di 40 negara berkembang pada akhir April 2021. Anggaran yang disiapkan mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 29 triliun.

Direktur Pelaksana Operasi Bank Dunia Axel van Trotsenburg mengatakan dana tersebut adalah bagian US$ 12 miliar yang telah disediakan kelompok Bank Dunia secara keseluruhan untuk pengembangan, distribusi, dan produksi, vaksin di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Advertisement

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Bank Dunia David Malpass berharap Komite Pengembangan Pemberi Pinjaman memperluas cakupan negara dan nilainya. Harapannya, komitmen ini diperluas menjadi US$ 4 miliar untuk 50 negara pada pertengahan tahun.

Pejabat Kesehatan Masyarakat di forum Bank Dunia mengatakan kecepatan vaksinasi di negara berkembang perlu ditingkatkan. Jika tidak, laju perkembangan virus corona akan lebih cepat dan pandemi sulit berakhir.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pun mengatakan vaksin yang ada dapat menjadi tidak efektif jika virus terus menyebar dan bermutasi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement