Sri Mulyani Bertemu Menkeu Amerika hingga Malaysia, Apa yang Dibahas?

Abdul Azis Said
20 April 2022, 14:14
Sri mulyani, menteri keuangan, menkeu AS, washington DC
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menghadiri pertemuan tingkat menteri keuangan dan bank sentral negara-negara G20 di Washington DC pada Rabu (20/4).

Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen, Presiden Bank Dunia David Malpass, dan Menteri Keuangan Malaysia Tengku Datuk Seri Utama Zafrul bin Tengku Abdul Aziz pada Selasa (19/4). Pertemuan tersebut termasuk dalam rangkaian agenda Sri Mulyani pada hari kedua lawatannya di Washington DC, AS.

Melalui unggahan di akun instagram pribadinya, Sri Mulyani membagikan foto dirinya bersama  Yellen yang juga didampingi oleh Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani. Pertemuan dilakukan secara langsung di kantor Yellen.

"Kami bertukar pandangan dalam melihat dinamika perekonomian global, baik sebagai dampak pandemi dan pemulihan ekonomi maupun karena perubahan geopolitik," kata Sri Mulyani, Selasa (20/4).

Pertemuan tersebut turut membahas salah satu agenda dalam jalur keuangan G2o Indonesia yakni arsitektur kesehatan global. Keduanya berbagi komitmen mengenai upaya mencari kerja sama global dalam pendanaan dan kesiapan mengantisipasi pandemi dan bencana non alam global lainnya di masa mendatang. Komitmen lainnya yang juga mereka sampaikan terkait pembiayaan perubahan iklim, termasuk mencari jalan terbaik untuk transisi energi.

Selain bertemu Yellen, pada hari kedua ini, agenda Sri Mulyani cukup padat. Dia akan menghadiri sejumlah pertemuan bilateral baik dengan bank pembangunan multilateral maupun dengan beberapa menteri keuangan negara lain. 

Sri Mulyani bertemu dengan Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk mendiskusikan upaya-upaya konkret untuk segera mewujudkan mekanisme transisi energi (ETM) melalui percepatan penghentian PLTU batu bara. Transisi energi ini juga menjadi salah satu target capaian dari Presidensi G20 Indonesia.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...