Embargo Uni Eropa di Depan Mata, ke Mana Rusia Alihkan Ekspor Minyak?

Happy Fajrian
27 September 2022, 13:26
minyak rusia, ekspor minyak, impor minyak, uni eropa, eropa, embargo
123rf/Ilkin Quliyev
Ilustrasi energi / minyak Rusia.

Uni Eropa (UE) akan mengembargo penuh impor minyak dari Rusia pada Desember mendatang. Namun sebelumnya Rusia juga telah mengalihkan pengiriman minyak ke Asia sejak Eropa memberlakukan sanksi besar-besaran.

Ketika embargo penuh terjadi, Rusia masih harus mengalihkan lebih dari 1,3 juta barel per hari (bph) ekspor minyak mentahnya dari Eropa. Rusia mengekspor sekitar 20 juta ton minyak mentah per bulan, atau sekitar 5 juta bph melalui beberapa rute, termasuk pipa Druzhba ke Eropa dan lainnya ke Asia.

Pada Agustus, total ekspor Rusia melalui pelabuhan Eropa dan pipa Druzhba berjumlah 12,05 juta ton, di mana sekitar 5,5 juta ton (1,3 juta bph) dikirim ke negara-negara yang akan berhenti mengimpor minyak Rusia mulai 5 Desember.

Rusia harus mencari pembeli baru untuk minyak mentah itu, yang mungkin membutuhkan harga murah dan persyaratan khusus, sementara juga menghadapi logistik yang lebih mahal untuk dikirim ke tujuan yang lebih terpencil, kata para pedagang.

“Minyak Ural Rusia selalu menjadi kelas untuk Eropa. Sekarang untuk mencapai pasar baru kita harus mengirimkan kargo ke luar Eropa di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang biaya transportasi, asuransi dan waktu,” kata seorang pedagang di pasar minyak Rusia, seperti dikutip Reuters, Selasa (27/9).

Amerika Serikat dan Uni Eropa juga tengah mengupayakan untuk menerapkan batas harga minyak Rusia, dengan alasan itu akan membantu mengurangi pendapatan untuk Moskow sambil menjaga harga energi global tetap rendah.

Moskow mengatakan tidak akan menjual minyak ke negara-negara yang memberlakukan batasan dan para pedagang mengatakan mereka tidak dapat melihat tindakan itu berhasil.

“Rusia sangat tidak mungkin bekerja dengan batasan harga, itu tidak masuk akal bagi Moskow baik secara politik maupun ekonomi. Jauh lebih mudah baginya untuk menegosiasikan kesepakatan pribadi daripada secara terbuka berkomitmen pada beberapa batasan harga yang ditentukan oleh Barat,” kata pedagang lain yang terlibat dalam perdagangan minyak Rusia.

Rusia mengekspor 8,85 juta ton minyak Ural pada Agustus dari pelabuhan-pelabuhannya di Eropa, di mana India, Cina dan Turki, yang diperkirakan tidak akan bergabung dengan embargo, membeli sekitar setengahnya, sementara sisanya pergi ke Eropa.

Rusia juga memasok Eropa dengan sekitar 3,2 juta ton minyak per bulan melalui pipa Druzhba. Rute tersebut secara teknis dikecualikan dari embargo karena Hungaria, Slovakia, dan Republik Ceko ingin terus membelinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...