Megawati Bela Ganjar Tolak Tim Israel Datang Ke Piala Dunia U20

Ameidyo Daud Nasution
30 April 2023, 18:20
megawati, ganjar, israel, piala dunia u20
ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/YU
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Presiden Joko Widodo (kedua kiri), para Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) serta calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kedua kanan) berfoto bersama di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri pasang badan bagi Gubernur Jawa Tengah atas penolakannya kepada timnas Israel di Piala Dunia U20. Mega menjelaskan hal tersebut sudah sesuai dengan konstitusi.

Mega menyoroti adanya perundungan kepada Ganjar usai sang gubernur menolak timnas Israel bermain. Menurutnya, konstitusi Indonesia sudang mengamanatkan perjuangan terhadap kemerdekaan suatu bangsa.

Advertisement

"Ada yang harus dipikirkan, konsitusi kita," kata Megawati saat konferensi pers usai pertemuan PDIP dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Jakarta, Minggu (30/4).

Megawati lalu menyinggung adanya Dasasila Bandung yang merupakan hasil Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 silam. Ia mengatakan perjuangan Palestina merupakan semangat yang sama dengan KAA.

"Dua penekanan saya: pertama memperjuangkan kemedekaan Palestina. Kedua tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel dan Taiwan," kata Megawati.

Dalam kesempatan tersebut ia lalu menyinggung hasil survei yang menempatkan nama Ganjar melorot. Megawati mengaku tak khawatir karena kondisi tersebut akan berbalik.

"Sebentar saja akan rebound, rakyat tidak bisa dikendalikan," katanya.

Sebelumnya, Ganjar dan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kedatangan tim Israel bertanding di Piala Dunia U20. Buntut dari penolakan tersebut, FIFA akhirnya memindahkan ajang piala dunia junior itu ke Argentina.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement