Siasat Ace Hardware Memacu Keuntungan di 2018

Image title
Oleh Ekarina
12 April 2018, 17:25
Ace Hardware
Ace Hardware
Salah satu gerai Ace Hardware di pusat pertokoan.

Perusahaan retail perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), berencana terus mendorong keuntungan dengan ekspansi gerai di 2018. Perusahaan menggarkan investasi sebesar Rp 300 miliar untuk menambah 10-15 unit gerai di sejumlah titik di Indonesia.

"Investasi penambahan gerai seluruhnya dari dana internal," kata Helen Tanzil, Corporate Secretary Ace Hardware kepada Katadata, Kamis (12/4).

Ace Hardware merupakan satu dari sedikit emiten retail yang masih berhasil mencatat keuntungan di 2017.  Pasalnya, kinerja sejumlah peritel ambruk seiring lesunya bisnis sektor ini. Asosiasi Perusahaan Retail Indonesia (Aprindo) sebelumnya mencatat, pada tahun lalu pertumbuhan industri retail hanya mampue mencapai 3,6%, turun dari pertumbuhan tahun sebelumnya sekitar 7%.

(Manuver Retail Modern di Tengah Perubahan Gaya Hidup)

Mengutip laporan keuangan perusahaan, sepanjang tahun lalu Ace Hardware membukukan pertumbuhan penjualan bersih sebesar 20,3% menjadi Rp 5,87 triliun dibandingkan 2016 yang sebesar Rp 4,88 triliun. Sementara, laba bersih perusahaan pada 2017  juga tercatat sebesar Rp 777 miliar, meningkat 9,43% dibandingkan 2016.

Helen mengatakan peningkatan penjualan perusahaan tahun lalu didukung oleh penambahan gerai. Tahun lalu, perusahaan milik Kawan Lama Group ini  telah membuka sekitar 17 gerai, lebih banyak dibandingkan dua tahun sebelumnya. Di samping itu, perusahaan juga melakukan program pemasaran yang lebih intensif lewat digital marketing , peluncuran produk baru serta efisiensi internal.

Strategi serupa rencananya juga akan dilakukan tahun ini. Lewat strateginya itu, perusahaan berharap bisa mendapat kenaikan penjualan dan laba bersih sebesar 10% dari realisasi tahun lalu.

Ekspansi gerai Ace hardware yang dikombinasikan dengan pembenahan internal dengan strategi pemasaran dan merchandising, dinilai analis bisa berdampak positif terhadap kinerja perusahaan. Analis NH Korindo Sekuritas Michael Tjahjadi dalam laporannya menyebut startegi tersebut diprediksi mampu mendorong penjulan Aces Hardware meningkat 9% dari tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...