Perusahaan Benny Tjokro Harap Hutama Karya Tetap Beli Lahan Rp 1,8 T

Image title
14 Mei 2020, 13:28
Benny Tjokro, Bentjok, lahan di Maja
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Tersangka Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro memasuki Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan Agung di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Perusahaan milik Benny Tjokrosaputro, PT Hanson International Tbk (MYRX) memiliki perjanjian dengan BUMN bidang kontruksi PT Hutama Karya (Persero). Perjanjian tersebut terkait dengan jual-beli tanah di daerah Maja, Lebak, Banten senilai Rp 1,8 triliun.

Dalam dokumen keterbukaan informasi, Rabu (13/5), Hanson melalui cucu usahanya yaitu PT Harvest Time menandatangani Perjanjian Eksklusivitas Jual Beli Lahan dengan luas sekitar 600 hektare dengan Hutama Karya pada 18 Desember 2019. Dengan nilai perjanjian Rp 1,8 triliun, harga jual tanah kepada Hutama Karya tersebut Rp 300 ribu per meter persegi.

(Baca: Keresahan Ratusan Warga Forest Hill, Rumah Tersangkut Kasus Jiwasraya)

Direktur Hanson Hartono Santoso menjelaskan bahwa harga jual tanah itu lebih murah sekitar 45% dari hasil valuasi nilai tanah oleh penilai independen, KJPP Pung's Zulkarnain dan Rekan. Pada laporan per 3 Oktober 2019, nilai tanah di Maja milik Harvest Time adalah kurang lebih Rp 540 ribu per meter persegi.

Sebagai informasi, tanah yang akan ditransaksikan sebanyak 70 hektare di antaranya telah disita Kejaksaan pada Januari 2020. Penyitaan aset tersebut terkait dengan penyidikan kasus dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya yang menjerat pemilik sekaligus Direktur Utama Hanson, Benny Tjokrosaputro.

Harvest Time sempat menyerahkan 25,5 hektare lahan kepada Hutama Karya dan sudah menerima pembayaran sebesar Rp 50 miliar, sesaat setelah penandatanganan perjanjian. Hanson lntemational melalui entitas anak PT Mandiri Mega Jaya menjadi pemilik 72,7% saham di Harvest Time.

(Baca: Tersandung Jiwasraya, Ini Jejak Benny Tjokro di Puluhan Perusahaan)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...