Menyusuri Keindahan dan Keunikan Pantai Goa Cina di Malang

Tifani
Oleh Tifani
15 September 2022, 11:27
pantai Goa Cina
Katadata
Ilustrasi, pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur

Kota Malang yang terletak di Jawa Timur dikenal memiliki beragam destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu destinasi wisata di Malang yang patut dipertimbangkan, adalah pantai Goa Cina.

Sejatinya pantai Goa Cina bukanlah nama asli objek wisata ini. Fany Putra dalam buku berjudul "Pengembangan Tempat Wisata Pantai Goa Cina di Kabupaten Malang" menjelaskan, nama asli pantai ini adalah Rowo Indah.

Nama ini berganti sekitar dekade 90-an, karena seorang biksu asal Cina bernama Hing Hook, ditemukan meninggal di dalam goa di pantai tersebut. Konon Hing Hook melakukan meditasi atau bersemedi di dalam goa ini, hingga akhir hayatnya. Inilah yang menyebabkan masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan nama pantai Goa Cina.

Keunikan Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina memiliki keindahan alamnya sendiri. Keunggulan pantai ini adalah keadaan pantai yang masih asri, dengan air laut yang bersih. Pantai ini juga merupakan tempat pertemuan gelombang air laut dari arah barat, selatan dan timur. Dari pertemuan gelombang tersebut, tercipta ombak yang sangat unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Pantai ini dapat menjadi salah satu referensi tempat berlibur yang harus dipertimbangkan. Sebab, dengan suasananya yang masih asri, wisatawan dapat piknik di tepi pantai sambil menikmati pemandangan laut dan deburan ombak. Di sana juga tersedia penyewaan tikar dan warung makan, sehingga wisatawan tidak perlu repot membawa tikar dari rumah.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan selain bermain air atau berenang, tentu saja mengunjungi goa yang menjadi bagian dari pantai ini. Lokasi goa berada di atas bukit karang yang tidak jauh dari pintu masuk.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...