Ahli Pertambangan Desak Agar Lokasi Smelter Freeport Cepat Diputuskan

Image title
5 Mei 2021, 11:20
smelter, freeport, tsingshan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua.

Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) meminta agar pemerintah segera menentukan lokasi pembangunan pabrik pemurnian atau smelter tembaga Freeport Indonesia. Pasalnya, hal ini akan berdampak pada semakin molornya penyelesaian pembangunan smelter tersebut.

Ketua Umum Perhapi, Rizal Kasli mengatakan jika pembangunannya akan semakin molor dari jadwal yang sudah direncanakan dikhawatirkan akan membuka celah ekspor konsentrat. "Karena tidak tertampung di dalam negeri," ujar dia kepada Katadata.co.id, Rabu (5/5).

Advertisement

Untuk itu ia meminta agar semua pihak yang terlibat dapat duduk bersama untuk mendiskusikan hal ini. Terutama untuk mencari permasalahan yang masih mengganjal. Ia juga berharap supaya pemerintah memberikan kemudahan. Khususnya dalam hal perizinan.

Selain itu, MIND ID juga mempunyai peran penting dalam pelaksanaan proyek ini, mengingat secara jangka panjang smelter tersebut akan memberikan nilai tambah kepada komoditas tembaga di Indonesia.

Untuk diketahui, ada dua opsi lokasi smelter tembaga Freeport. Pertama, di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Kedua di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara bekerja sama dengan Tsingshan Steel.

Kerja sama antara Freeport dan Tsingshan ini pun sebenarnya telah mendapat lampu hijau dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bahkan Luhut menargetkan kesepakatan kerja sama kedua belah pihak dapat berlangsung pada 31 Maret lalu.

Namun berhembus kabar jika kerja sama antara Freeport dengan Tsingshan batal. Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement